iklan banner

Penggolongan Antibiotik Menurut Aktivitasnya

sumber gambar :www.altermedica.be
Penemuan antibiotika pertama kali ditemukan secara "tidak sengaja" oleh Dr.Alexander Flemming  pada tahun 1982 di London (antibiotik Penisilin). Menurut wikipedia, antibiotika merupakan segolongan senyawa, baik alami maupun sintetik, yang memiliki pengaruh menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses jerawat oleh bakteri. Berdasarkan aktivitasnya, penggolongan antibiotika dibagi menjadi dua golongan besar, yaitu (Ganiswara, 1995; Lüllmann, Mohr, Hein & Bieger, 2005) :
  1. Antibiotika kerja luas (broad spectrum), yaitu biro yang sanggup menghambat pertumbuhan dan mematikan kuman gram nyata maupun kuman gramnegatif. Golongan ini diperlukan sanggup menghambat pertumbuhan dan mematikan sebagian besar bakteri. Yang termasuk golongan ini yaitu tetrasiklin dan derivatnya, kloramfenikol, ampisilin, sefalosporin, carbapenem dan lain-lain. 
  2. Antibiotika kerja sempit (narrow spectrum) yaitu golongan ini hanya aktif terhadap beberapa kuman saja. Yang termasuk golongan ini yaitu p3enisilina, streptomisin, neomisin, basitrasin.

Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Penggolongan Antibiotik Menurut Aktivitasnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel