iklan banner

√ Media Umum : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis Dan Efek Terlengkap

√ Media Sosial : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Dampak Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Media Sosial.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Media Sosial? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Kali ini akan membahas mengenai Media Sosial √ Media Sosial : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Dampak Terlengkap
√ Media Sosial : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Dampak Terlengkap

 


Pengertian Media Sosial


 


Media Sosial merupakan sebuah media online (daring) yang dimanfaatkan menjadi wahana pergaulan sosial secara online pada internet. Di media sosial, para penggunanya bisa saling berkomunikasi, berinteraksi, menyebarkan, networking, dan juga banyak sekali acara lainnya.


Secara garis besar, media umum atau jejaring sosial ini merupakan sebuah platform dan teknologi yang memungkinkan sanggup dibuatnya konten interaktif, kolaborasi, dan pertukaran suatu informasi antara para penggunanya serta semua itu berbasis internet.


 


 


Karakteristik Media Sosial


 



  • Kualitas

    Distribusi pesan melalui media umum mempunyai banyak sekali variasi yang tinggi, mulai dari kualitas yang sangat rendah sampai kualitas yang sangat tinggi tergantung pada konten.

  • Jangkauan

    Teknologi media umum bersifat desentralisasi, tidak berifat hierarki.

  • Frekuensi

    Menggambarkan jumlah waktu yang dipakai oleh pengguna untuk mengakses media umum tiap harinya.

  • Aksesibilitas

    Menggambarkan kemudahan media umum untuk diakses oleh pengguna.

  • Kegunaan

    Menggambarkan siapapun yang mempunyai suatu saluran internet sanggup mengerjakan banyak sekali hal dengan memakai sebuah media umum menyerupai mem-posting foto digital, menulis online dan lain sebagainya.

  • Segera

    Menggambarkan waktu yang juga diharapkan pengguna media umum untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain secara instan.

  • Tidak Permanen

    Menggambarkan bahwa sebuah pesan dalam media umum sanggup disunting sesuai dengan banyak sekali kebutuhan.

  • Partisipasi

    Media sosial akan mendorong bantuan dan umpan balik dari setiap orang yang sangat tertarik atau berminat menggunakannya, sampai bisa juga mengaburkan batas antara media dan audience.

  • Keterbukaan

    Kebanyakan media umum yang terbuka bagi umpan balik dan juga partisipasi melalui sarana voting, membuatkan dan juga komentar. Terkadang batasan untuk mengakses dan memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap aneh).

  • Perbincangan

    Media sosial memungkinkan terjadinya perbincangan ataupun pengguna secara dua arah.

  • Keterhubungan

    Kebanyakan dari media umum berkembang pesat alasannya mempunyai suatu kemampuan yang sanggup melayani keterhubungan ini antar pengguna, melalui suatu akomodasi tautan (links) ke website, sumber informasi dan bagi para pengguna lainnya.


 


 


Tujuan Media Sosial


 


1. Aktualisasi Diri


Bagi sebagian besar orang, media umum merupakan daerah menawarkan ekspresi. Mereka menjunjukkan bakat dan keunikan pada media umum sebagai hasilnya sanggup dipandang banyak orang. Tidak heran kenapa ketika ini banyak seniman berlomba-lomba buat terkenal di media umum mereka.


 


2. Membentuk Komunitas


Komunitas online sangat mudah ditemukan waktu ini, baik itu di situs lembaga juga di situs social network lainnya. Media sosial sebagai wadah daerah berkumpulnya warga online yang mempunyai minat yang sama buat saling berkomunikasi dan bertukar berita atau pendapat.


 


3. Menjalin Hubungan Pribadi


Media sosial juga sanggup berperan krusial dalam suatu kegiatan menjalin kekerabatan personal dengan orang lain secara pribadi. Ada banyak sekali pengguna media umum ini yang menemukan pasangan hidup, sahabat dan rekan bisnis di dalam media sosial.


 


4. Media Pemasaran


Pengguna media umum yang jumlahnya sangat banyak tentu saja sebagai daerah yang sangat potensial untuk memasarkan sesuatu. Bisnis online yang banyak berkembang sekarang ini banyak ditentukan oleh media umum sebagai daerah promosi.


 


 


Fungsi Media Sosial


 



  • Identity

    Menjelaskan pengaturan identitas para pengguna dalam sebuah media umum terkait dengan nama, usia, jenis kelamin, profesi, lokasi serta foto.

  • Conversations

    Menjelaskan pengaturan para pengguna dalam berkomunikasi dengan pengguna lainnya di media sosial.

  • Sharing

    Menjelaskan pertukaran, pembagian, dan juga penerimaan konten terkait dengan teks, gambar, atau video yang dilakukan oleh para pengguna.

  • Presence

    Menjelaskan perihal para pengguna sanggup tidaknya mengakses pengguna lainnya.

  • Relationship

    Menjelaskan para pengguna terkait dengan pengguna lainnya.

  • Reputation

    Menjelaskan bahwa para pengguna bisa menggenali orang lain dan dirinya sendiri.

  • Groups

    Menjelaskan bahwa para pengguna bisa membentuk komunitas dan sub-komunitas yang mempunyai latar belakang, minat, atau demografi.


 


 


Dampak Media Sosial


 


1. Dampak Positif Media Sosial


 



  • Mempererat Silaturahim. Dalam hal silaturahim ini penggunaan media umum juga sangat cocok berinteraksi dengan orang berjauhan daerah tinggalnya.

  • Menyediakan Ruang untuk Berpesan Positif. Penggunaan sosial media tersebut telah banyak dipakai oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama.

  • Mengakrabkan Hubungan Pertemanan. Media sosial akan mengakbrakan suaut pertemanan kala seseorang aib bertama di dunia nyata.

  • Menyediakan Informasi yang Tepat dan Akurat. Informasi yang sanggup diperoleh dari media umum baik itu informasi perguruan tinggi tinggi, beasiswa atau juga lowongan kerja.

  • Menambah Wawasan dan Pengetahuan. Akhir ini terdapat akun media umum yang membagi wawasan dan juga pengetahuan yang sanggup menarik wawasan juga pengetahuan praktis.


 


2. Dampak Negatif Media Sosial


 



  • Penipuan. Bukan hal yang sangat tabu lagi dimana media umum juga turut serta tak luput dari serangan penipu.  Anak dan cukup umur akan menjadi malas berguru berkomunikasi di dunia nyata.  Situs pada jejaring sosial merupakan lahan subur bagi predator dalam melaksanakan kejahatan .

  • dsfkjdggrafi. Tidak salah, kalau penyebaran yang terbaik yaitu media sosial. Namun, hal ini juga akan menawarkan imbas yang tidak baik dan jauh dari moral dimana suatu informasi mengenai p0rn*grafi juga tersebar di media sosial. Remaja dan anak dengan mudahnya mengeluarkan bahasa apapun dalam media sosial.

  • Prostitusi. Media sosial juga daerah penyebaran banyak sekali informasi banyak sekali tempat-tempat prostitusi.  Sarana penyebaran suatu ideologi yang paling efektif dan efisien.


 


 


Jenis – Jenis Media Sosial


 


1. Social Networks


Social Networks atau jejaring sosial merupakan salah satu jenis media umum yang paling umum dikenal masyarakat dan paling banyak digunakan.


Beberapa social network yang paling banyak dipakai ketika ini yaitu sebagai berikut :



  • YouTube

  • Facebook

  • Twitter

  • Instagram

  • WhatsApp

  • Google Plus

  • Pinterest, dll.


 


2. Social Bookmark


Ide awal berdasarkan situs social bookmark ini merupakan sebagai wadah bagi para pengguna internet buat menyimpan alamat website yang mereka sukai. Tetapi, belakangan ini pengguna situs social bookmark mulai berkurang alasannya situs ini banyak dipakai buat acara spam.


Beberapa teladan situs social bookmark yang terkenal yakni sebagai berikut :



  • StumbleUpon

  • Reddit

  • Slashdot

  • Diigo.Com

  • Scoop.It, dsb.


 


3. Komunitas Online (Forum)


Situs lembaga dan komunitas online biasanya dibangun oleh perorangan atau gerombolan yang mempunyai minat pada bidang tertentu. Para pengguna lembaga tersebut bisa melaksanakan diskusi, chatting, dan memposting mengenai topik yang berafiliasi dengan minat mereka.


Beberapa teladan komunitas online yaitu sebagai berikut :



  • Kaskus.Co.Id

  • Ads.Id

  • Brainly.Co.Id

  • Bersosial.Com

  • Indowebster.Com, dll.


 


4. Situs Blog


Situs blog juga termasuk dalam kategori media umum karena memungkinkan pemilik blog dan pembacanya buat berinteraksi. Umumnya blog dibentuk dari minat atau keahlian si pemilik blog dan juga konten di dalamnya sanggup mensugesti banyak orang.


Beberapa model situs blog yaitu menyerupai berikut :



  • Rifqimulyawan.com

  • Sitenesia.com

  • Invitee.site

  • Pengertian.online, dsb.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Media Sosial : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Dampak Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :








Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Media Umum : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis Dan Efek Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel