iklan banner

Macam-Macam Kolenkim

merupakan salah satu jaringan penyokong pada tumbuhan yang berfungsi untuk memperlihatkan keku Macam-Macam Kolenkim
Sumber gambar: http://www.tutorvista.com
Kolenkim merupakan salah satu jaringan penyokong pada tumbuhan yang berfungsi untuk memperlihatkan kekuatan dan melindungi secara mekanik jaringan-jaringan di sekitarnya. Menurut tipe penebalan dindingnya, kolenkim dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu
  1. Kolenkim sudut (angular): Penebalan berlangsung pada bagian-bagian sudutnya, dan memanjang mengikuti sumbu sel. Contohnya, pada tangkai daun Vitis sp, Begonia sp, Solanum tuberosum.
  2. Kolenkim papan (lamellar): Penebalan terjadi pada dinding sel yang tangensial (sejajar permukaan organ), sehingga pada irisan melintang terlihat ibarat papan yang berderet-deret. Contohnya, pada korteks batang Sambucus j4vanica.
  3. Kolenkim tubular (lakuna): Terdapat pada kolenkim yang memiliki ruang-ruang antarsel dan penebalan-penebalannya terjadi pada permukaan ruangruang antara sel tersebut. Contohnya, pada tangkai daun Salvina, Malva, dan Althaea
  4. Kolenkim tipe cincin: Pada penampang lintang lumen sel berbentuk lingkaran. Pada waktu menjelang bakir balig cukup akal terlihat bahwa alasannya yakni pada tipe sudut penebalan bersambungan pada dinding sel, maka lumen tidak menyudut lagi.
Referensi:
Muyani,2006.Anatomi tumbuhan, Kanisius, Jakarta
Sumber http://pintarsains.blogspot.com/

0 Response to "Macam-Macam Kolenkim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel