iklan banner

Simulasi Unbk Matematika Ipa 2019 (*Soal Dan Pembahasan Paket A)

jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)Ujian Nasional berbasis komputer sudah semakin dekat. Salah satu cara untuk melihat bagaimana tingkat pemahaman kita terhadap materi-materi yang sudah dipelajari yaitu dengan coba membahas soal-soal simulasi UNBK.

Soal-soal UNBK nanti memang $100\%$ tidak sama dengan soal-soal simulasi, tetapi soal simulasi UNBK ini menjadi tolak ukur dasar dalam mempelajari soal-soal yang akan diujikan pada ujian nasional. Meskipun soal UNBK nanti tidak sama persis dengan soal simulasi berikut ini tetapi aturan-aturan dasar atau teorema-teorema dalam mengerjakan soal secara umum masih sama, terkhusus dalam pelajaran matematika. Sehingga soal-soal simulasi UNBK ini sangat baik dijadikan latihan dasar sebagai latihan dalam bernalar.

Kemampuan bernalar sanggup naik kalau dilatih dengan baik, kemapuan bernalar ketika ini sangat jadi perhatian, apalagi sebab perkembangan soal UNBK yang akan menggunakan beberapa soal HOTS (High Order Thinking Skils). Salah satu cara untuk sanggup menuntaskan soal HOTS yaitu setidaknya kita sudah bisa menggunakan teorema-teorema dasar atau hukum dasar dalam mengerjakan soal sederhana atau soal LOTS (Low Order Thinking Skils), dimana untuk menuntaskan hanya sekedar mensubstitusi variabel-variabel dari rumus-rumus yang ada.

Baca Juga


Berikut mari kita coba soal simulasi UNBK Matematika IPA 2019 paket A. Jangan lupa untuk berlatih juga dari soal simulasi UNBK Matematika IPA 2019 paket C dan soal simulasi UNBK Matematika IPA 2019 paket B, mari berlatih dan berdiskusi😉😊
1. Persamaan kuadrat $x^{2}-2hx+(3h-2)=0$ mempunyai dua akar tidak real. Batas-batas nilai $h$ yang memenuhi adalah...
$\begin{align}
(A).\ & h \lt -2\ \text{atau}\ h \gt -1 \\
(B).\ & h \lt -1\ \text{atau}\ h \gt 2 \\
(C).\ & h \lt 1\ \text{atau}\ h \gt 2 \\
(D).\ & 1 \lt h \lt 2 \\
(E).\ & -1 \lt h \lt 2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk persamaan kuadrat yang mempunyai akar-akar tidak real maka diskriminan kurang dari nol.
$\begin{align}
x^{2}-2hx+(3h-2) & = 0 \\
D & \lt 0 \\
b^{2}-4ac & \lt 0 \\
(-2h)^{2}-4(1)(3h-2)& \lt 0 \\
4h^{2}-12h+8 & \lt 0 \\
h^{2}-3h+2 & \lt 0 \\
(h-1)(h-2) & \lt 0 \\
\left[h=1 \right] & \left[h=2 \right] \\
1 \lt h \lt 2
\end{align}$
(*Jika masih kesulitan menuntaskan pertidaksamaan kuadrat dengan cepat silahkan disimak caranya: Cara Kreatif Menentukan HP Pertidaksamaan Kuadrat)

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D).\ 1 \lt h \lt 2$

2. Bentuk sederhana dari $\dfrac{2-2\ log^{2}\ ab}{1-log\ a^{5}b^{3}+2\ log\ a^{2}b}$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & log\ 10ab \\
(B).\ & 2log\ 10ab \\
(C).\ & log\ 20ab \\
(D).\ & log\ 10a^{2}b^{2} \\
(E).\ & 2log\ 10a^{2}b^{2} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menyederhanakan bentuk aljabar pada soal di atas, kita perlu mengetahui sifat-sifat dasar logaritma.
$\begin{align}
& \dfrac{2-2\ log^{2}\ ab}{1-log\ a^{5}b^{3}+2\ log\ a^{2}b} \\
& = \dfrac{2\left (1- log^{2}\ ab \right )}{1-log\ a^{5}b^{3}+log\ a^{4}b^{2}} \\
& = \dfrac{2\left (1- log^{2}\ ab \right )}{1+log\ a^{4}b^{2}-log\ a^{5}b^{3}} \\
& = \dfrac{2\left (1+ log\ ab \right )\left (1- log\ ab \right )}{1+log\ \dfrac{a^{4}b^{2}}{a^{5}b^{3}}} \\
& = \dfrac{2\left (1+ log\ ab \right )\left (1- log\ ab \right )}{1+log\ a^{-1}b^{-1}} \\
& = \dfrac{2\left (1+ log\ ab \right )\left (1- log\ ab \right )}{1+log\ (ab)^{-1}} \\
& = \dfrac{2\left (1+ log\ ab \right )\left (1- log\ ab \right )}{1-log\ ab} \\
& = 2\left (1+ log\ ab \right ) \\
& = 2\left (log\ 10+ log\ ab \right ) \\
& = 2\ log\ 10ab
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ 2log\ 10ab$

3. Grafik fungsi kuadrat menyerupai tampak pada gambar memotong sumbu $X$ di titik...
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$\begin{align}
(A).\ & (-1,0)\ \text{dan}\ (5,0) \\
(B).\ & (-1,0)\ \text{dan}\ (6,0) \\
(C).\ & (2,0)\ \text{dan}\ (1,0) \\
(D).\ & (-4,0)\ \text{dan}\ (2,0) \\
(E).\ & (-5,0)\ \text{dan}\ (1,0)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memilih titik potong kurva dengan sumbu $X$, maka kita perlu ketahui persamaan kurva. Kurva pada gambar melalui klimaks $(-2,9)$ dan sebuah titik sembarang $(0,5)$.
Jika diketahui Titik Puncak $(x_{p},y_{p})$ dan sebuah titik sembarang $(x,y)$ maka FK adalah:
$\begin{align}
y & = a\left (x -x_{p}\right)^{2}+y_{p} \\
5 & = a\left (0 -(-2)\right)^{2}+9 \\
5 & = a\left (0 + 2 \right)^{2}+9 \\
5-9 & = 4a \\
\dfrac{-4}{4} & = a \\
-1 & = a
\end{align}$

Persamaan kurva
$\begin{align}
y & = a\left (x -x_{p}\right)^{2}+y_{p} \\
y & = (-1) \left (x -(-2)\right)^{2}+9 \\
y & = (-1) \left (x + 2 \right)^{2}+9 \\
y & = (-1) \left (x^{2} + 4x+4 \right)+9 \\
y & = -x^{2} - 4x-4+9 \\
y & = -x^{2} - 4x+5
\end{align}$

Memotong sumbu $X$, maka $y=0$:
$\begin{align}
0 & = -x^{2} - 4x+5 \\
0 & = x^{2} + 4x-5 \\
0 & = (x+5)(x-1) \\
& x=-5\ \text{atau}\ x=1
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E).\ (-5,0)\ \text{dan}\ (1,0)$

4. Suatu bangunan akan diselesaikan dalam $x$ hari dengan biaya pembangunan per hari sebesar $\left(4x+\dfrac{650}{x}-40 \right)$ juta rupiah. Biaya minimum pembangunan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & Rp1.050.000.000,00 \\
(B).\ & Rp925.000.000,00 \\
(C).\ & Rp850.000.000,00 \\
(D).\ & Rp550.000.000,00 \\
(E).\ & Rp425.000.000,00 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Biaya pembangunan per hari sebesar $\left(4x+\dfrac{650}{x}-40 \right)$ dan waktu pengerjaan yaitu $x$ hari, sehingga biaya total adalah:

$\begin{align}
P(x) & = x \left(4x+\dfrac{650}{x}-40 \right) \\
P(x) & = 4x^{2}+650-40x
\end{align}$

Biaya minimum ketika:
$\begin{align}
P'(x) & = 0 \\
8x -40 & = 0 \\
8x & = 40 \\
x & = \dfrac{40}{8} \\
x & = 5
\end{align}$

Biaya minimum ketika $x=5$
$\begin{align}
P(x) & = 4x^{2}+650-40x \\
P(5) & = 4(5)^{2}+650-40(5) \\
& = 100+650-200 \\
& = 550
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D).\ Rp550.000.000,00$

5. Fungsi $g(x)=\dfrac{2}{3}x^{3}+\dfrac{7}{2}x^{2}+6x+1$ turun pada interval...
$\begin{align}
(A).\ & -1 \lt x \lt \dfrac{1}{2} \\
(B).\ & -1 \lt x \lt -\dfrac{1}{2} \\
(C).\ & -1 \lt x \lt \dfrac{3}{2} \\
(D).\ & -2 \lt x \lt -\dfrac{3}{2} \\
(E).\ & -2 \lt x \lt \dfrac{3}{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Syarat suatu fungsi akan turun yaitu turunan pertama kurang dari nol,
turunan pertama $g(x)$ yaitu $g'(x)=2x^{2}+7x+6$
$ \begin{align}
g'(x) & \lt 0 \\
2x^{2}+7x+6 & \lt 0 \\
(2x+3)(x+2) & \lt 0 \\
\left[x=-\dfrac{3}{2} \right] & \left[x=-2 \right] \\
-2 \lt x \lt -\dfrac{3}{2} &
\end{align}$
(*Jika masih kesulitan menuntaskan pertidaksamaan kuadrat dengan cepat silahkan disimak caranya: Cara Kreatif Menentukan HP Pertidaksamaan Kuadrat)

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D).\ -2 \lt x \lt -\dfrac{3}{2}$

6. Persamaan bundar yang berpusat di $P(-2,3)$ dan melalui titik $(-1,3)$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & x^{2}+y^{2}+4x-6y+12=0 \\
(B).\ & x^{2}+y^{2}-4x-6y+12=0 \\
(C).\ & x^{2}+y^{2}+4x-6y-12=0 \\
(D).\ & x^{2}+y^{2}+4x+6y+12=0 \\
(E).\ & x^{2}+y^{2}+4x+6y-12=0 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk membentuk persamaan bundar setidaknya ada 2 hal dasar harus kita ketahui, yaitu titik sentra dan jari-jari lingkaran.

Pada soal disampaikan titik sentra bundar $P(-2,3)$ dan bundar melalui titik $(-1,3)$, artinya jari-jari bundar yaitu jarak titik sentra ke titik yang dilalui lingkaran.
$ \begin{align}
r & = \sqrt{(y_{2}-y_{1})^{2}+x_{2}-x_{1})^{2}} \\
& =\sqrt{(3-3)^{2}+(-1-(-2))^{2}} \\
& =\sqrt{0+1} \\
& =1
\end{align} $

Persamaan bundar engan sentra $(a,b)$ dan jari-jari $r$ adalah:
$ \begin{align}
(x-a)^{2}+(y-b)^{2}& =r^{2} \\
(x-(-2))^{2}+(y-3)^{2}& =1^{2} \\
x^{2}+4x+4+y^{2}-6y+9 & =1 \\
x^{2}+y^{2}+4x-6y+12 & = 0
\end{align} $

(*Jika tertarik untuk berlatih lagi wacana Matematika Dasar: Lingkaran [Soal SBMPTN dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A).\ x^{2}+y^{2}+4x-6y+12=0$

7. Salah satu persamaan garis singgung bundar $x^{2}+y^{2}-2x+4y-15=0$ yang tegak lurus dengan garis $x+2y-6=0$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & x+2y+27=0 \\
(B).\ & x+2y-27=0 \\
(C).\ & 2x+y+14=0 \\
(D).\ & 2x-y-14=0 \\
(E).\ & 2x-y-6=0
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Persamaan garis singgung pada bundar yang dicari pada soal yaitu PGS bundar kalau diketahui gradiennya sebab garis singgung bundar tegak lurus dengan garis $x+2y-6=0$.

Garis singgung bundar tegak lurus dengan garis $x+2y-6=0$ maka gradien garis $x+2y-6=0$ ($m=-\frac{1}{2}$) dikali gradien garis singgung bundar yaitu $-1$.

$m \times\ -\frac{1}{2}=-1$
$m =2$

Persamaan Garis Singgung Lingkaran $ x^{2} + y^{2} + Ax + By + C = 0$ kalau diketahui gradiennya yaitu $y - b = m(x-a) \pm r \sqrt{1 + m^{2}}$.
Dari persamaan bundar $x^{2}+y^{2}-2x+4y-15=0$ kita peroleh sentra bundar yaitu $(1,-2)$ dan $r = \sqrt{a^{2} + b^{2} - C}=\sqrt{1 + 4 +15}=\sqrt{20}$.
$\begin{align}
y - b & = m(x-a) \pm r \sqrt{1 + m^{2}} \\
y +2 & = 2(x-1) \pm \sqrt{20} \sqrt{1 + (2)^2} \\
y +2 & = 2x-2 \pm \sqrt{20} \sqrt{5} \\
y & = 2x-4 \pm \sqrt{100} \\
y & = 2x-4 \pm 10 \\
\text{(PGS 1) }:y & = 2x-4+10 \\
2x-y+6 & = 0 \\
\text{(PGS 2) }:y & = 2x-4-10 \\
2x-y-14 & = 0
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D).\ 2x-y-14=0$

8. Persamaan garis singgung kurva $y=x^{2}+x+3$ yang tegak lurus dengan garis $x-y=5$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & x-y-4=0 \\
(B).\ & x-y+4=0 \\
(C).\ & x+y-2=0 \\
(D).\ & x+y+2=0 \\
(E).\ & -x+y-2=0 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Garis singgung kurva tegak lurus dengan garis $x-y=5$ maka gradien garis $x-y=5$ ($m=1$) dikali gradien garis singgung kurva yaitu $-1$.

$m \times\ 1=-1$
$m =-1$

Untuk mendapat persamaan garis singgung kurva kita perlu sebuah titik singgung pada kurva dan gradien garis.
Gradien persamaan garis singgung pada kurva $y=x^{2}+x+3$ gradiennya yaitu $m=-1$, sehingga:
$\begin{align}
y & = x^{2}+x+3 \\
m=y' & = 2x+1 \\
-1 & = 2x+1 \\
-2 & = 2x \\
x & = -1 \\
y & = x^{2}+x+3 \\
y & = (-1)^{2}+(-1)+3 \\
y & = 3
\end{align} $

Persamaan garis singgung kurva melalui titik $(-1,3)$ dengan gradien $m=-1$
$\begin{align}
y-y_{1} & = m (x-x_{1}) \\
y-3 & = -1 (x-(-1)) \\
y-3 & = -x-1 \\
y & = -x+2
\end{align} $

(*Jika tertarik untuk berlatih lagi wacana Matematika Dasar: Persamaan Garis [Soal SBMPTN dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ x+y-2=0$

9. Diketahui fungsi $f(x)=\dfrac{x^{2}-1}{2x}$ untuk $x \neq 0$. Turunan pertama fungsi $f(x)$ yaitu $f'(x)=\cdots$
$\begin{align}
(A).\ & -\dfrac{1}{2}-\dfrac{1}{2x^{2}} \\
(B).\ & \dfrac{1}{2}+\dfrac{1}{2x^{2}} \\
(C).\ & \dfrac{1}{2}-\dfrac{3}{4x^{2}} \\
(D).\ & -\dfrac{3}{2}+\dfrac{3}{4x^{2}} \\
(E).\ & \dfrac{3}{2}+\dfrac{3}{4x^{2}}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Turunan pertama dari $f(x)$ yaitu $f'(x)$ yaitu:
$ \begin{align}
f(x) & = \dfrac{u(x)}{v(x)} \\
f'(x) & = \dfrac{u'(x) \cdot v(x) - u(x) \cdot v'(x)}{v^{2}(x)} \\
& = \dfrac{(2x) \cdot (2x) - \left( x^{2}-1 \right) \cdot 2}{(2x)^{2}} \\
& = \dfrac{4x^{2} - 2x^{2}+2}{4x^{2}} \\
& = \dfrac{2x^{2} +2}{4x^{2}} \\
& = \dfrac{2x^{2}}{4x^{2}} + \dfrac{2}{4x^{2}} \\
& = \dfrac{1}{2} + \dfrac{1}{2x^{2}} \\
\end{align} $

(*Jika tertarik untuk berlatih lagi wacana Matematika Dasar: Turunan [Soal SBMPTN dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ \dfrac{1}{2}+\dfrac{1}{2x^{2}}$

10. Diketahui $f(x)=3x+4$ dan $(gof)(x)=6x+6$. Nilai dari $g^{-1}(0)=\cdots$
$\begin{align}
(A).\ & 2 \\
(B).\ & 1 \\
(C).\ & \dfrac{1}{2} \\
(D).\ & -1 \\
(E).\ & -2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informmasi pada soal, diketahui $(gof)(x)=6x+6$ maka
$ \begin{align}
g \left (f(x) \right ) & = 6x+6 \\
g \left (3x+4 \right ) & = 2(3x+4)-2 \\
g \left (a \right ) & = 2(a)-2
\end{align} $

Invers fungsi $g(a)$ yaitu $g^{-1}(a)$, salah satu cara memilih $g^{-1}(a)$ yaitu:
$ \begin{align}
y & = 2(a)-2 \\
y+2 & = 2(a) \\
\dfrac{y+2}{2} & = a \\
g^{-1}(a) & = \dfrac{a+2}{2} \\
g^{-1}(0) & = \dfrac{0+2}{2}=1
\end{align} $

(*Jika tertarik untuk berlatih lagi wacana Matematika Dasar: FKFI [Soal SBMPTN dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ 1$

11. Usia Citra $8$ tahun lebih renta dari usia Salsa. Sedangkan $4$ tahun yang kemudian usia Salsa sama dengan dua pertiga dari usia Citra. Usia Salsa sekarang...
$\begin{align}
(A).\ & 28\ \text{tahun} \\
(B).\ & 25\ \text{tahun} \\
(C).\ & 20\ \text{tahun} \\
(D).\ & 17\ \text{tahun} \\
(E).\ & 14\ \text{tahun}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita misalkan umur Citra dan Salsa ketika ini yaitu $\text{Citra}=C$ dan $\text{Salsa}=S$.

Untuk empat tahun yang kemudian umur mereka yaitu $(C-4)$ dan $(S-4)$, berlaku:
$ \begin{align}
\dfrac{2}{3} (C-4) & = (S-4) \\
2C-8 & = 3S-12 \\
2C-3S & = -4 \text{(Pers.1)}
\end{align} $

Untuk ketika ini umur mereka yaitu $(C)$ dan $(S)$, berlaku:
$ \begin{align}
C & = S + 8 \\
C-S & = 8\ \text{(Pers.2)}
\end{align} $

Dari (Pers.1) dan (Pers.2) kita peroleh;
$\begin{array}{c|c|cc}
2C - 3S = -4 & \times 1 & 2C - 3S = -4 & \\
C- S = 8 & \times 2 & 2C-2S = 16 & - \\
\hline
& & -S = - 20 \\
& & S =20
\end{array} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ 20\ \text{tahun}$


12. Harga $4$ buku dan $4$ penggaris yaitu $Rp40.000,00$, sedangkan harga $4$ buku dikurangi harga $4$ penggaris yaitu $Rp20.000,00$. Jika harga buku yaitu $a$ rupiah dan harga penggaris $b$ rupiah, persamaan matriks yang sesuai untuk menuntaskan persoalan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix}=\dfrac{1}{32}\begin{pmatrix}
-4 & -4\\
-4 & 4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
(B).\ & \begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix}=\dfrac{1}{32}\begin{pmatrix}
4 & 4\\
4 & -4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
(C).\ & \begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix}=\dfrac{1}{16}\begin{pmatrix}
-4 & -4\\
-4 & 4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
(D).\ & \begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix}=-\dfrac{1}{6}\begin{pmatrix}
4 & 4\\
4 & -4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
(E).\ & \begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix}=-\dfrac{1}{32}\begin{pmatrix}
4 & -4\\
-4 & 4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan menggunakan pemisalan $\text{harga buku}=a$ dan $\text{harga penggaris}=b$,
Harga $4$ buku dan $4$ penggaris yaitu $Rp40.000,00$
$4a+4b=40.000$

Harga $4$ buku dikurangi $4$ penggaris yaitu $Rp20.000,00$
$4a-4b=40.000$

$\begin{array}{c|c|cc}
4a+4b = 40.000 & \\
4a-4b = 20.000 & \\
\hline
\end{array} $

Sistem persamaan diatas kalau tuliskan dalam bentuk matriks menjadi:
$\begin{align}
\begin{pmatrix}
4 & 4\\
4 & -4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix} &= \begin{pmatrix}
4 & 4\\
4 & -4
\end{pmatrix}^{-1}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix} &= \dfrac{1}{-16-16}\begin{pmatrix}
-4 & -4\\
-4 & 4
\end{pmatrix} \begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix} &= -\dfrac{1}{32}\begin{pmatrix}
-4 & -4\\
-4 & 4
\end{pmatrix} \begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix} \\
\begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix} &= \dfrac{1}{32}\begin{pmatrix}
4 & 4\\
4 & -4
\end{pmatrix} \begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ \begin{pmatrix}
a \\
b
\end{pmatrix}=\dfrac{1}{32}\begin{pmatrix}
4 & 4\\
4 & -4
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
40.000\\
20.000
\end{pmatrix}$

13. Diketahui matriks $A=\begin{pmatrix}
2 & 1\\
1 & 2
\end{pmatrix}$ dan $B=\begin{pmatrix}
3 & -1\\
2 & 1
\end{pmatrix}$. Invers dari matriks $BA$ yaitu $(BA)^{-1}=\cdots$
$\begin{align}
(A).\ & \begin{pmatrix}
\dfrac{4}{15} & \dfrac{1}{15} \\
\dfrac{1}{3} & \dfrac{-1}{3}
\end{pmatrix} \\
(B).\ & \begin{pmatrix}
\dfrac{4}{15} & -\dfrac{1}{15} \\
-\dfrac{1}{3} & \dfrac{1}{3}
\end{pmatrix} \\
(C).\ & \begin{pmatrix}
\dfrac{-4}{15} & \dfrac{1}{15} \\
\dfrac{1}{3} & \dfrac{-1}{3}
\end{pmatrix} \\
(D).\ & \begin{pmatrix}
\dfrac{-4}{15} & \dfrac{-1}{15} \\
\dfrac{-1}{3} & \dfrac{1}{3}
\end{pmatrix} \\
(E).\ & \begin{pmatrix}
\dfrac{-4}{15} & \dfrac{-1}{15} \\
\dfrac{1}{3} & \dfrac{-1}{3}
\end{pmatrix}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$\begin{align}
BA &= \begin{pmatrix}
3 & -1\\
2 & 1
\end{pmatrix} \begin{pmatrix}
2 & 1\\
1 & 2
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
6-1 & 3-2\\
4+1 & 2+2
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
5 & 1\\
5 & 4
\end{pmatrix}
\end{align} $

$\begin{align}
BA &= \begin{pmatrix}
5 & 1\\
5 & 4
\end{pmatrix} \\
BA^{-1} &= \dfrac{1}{ad-bc}\begin{pmatrix}
d & -b\\
-c & a
\end{pmatrix} \\
&= \dfrac{1}{20-5}\begin{pmatrix}
4 & -1\\
-5 & 5
\end{pmatrix} \\
&= \begin{pmatrix}
\dfrac{4}{15} & \dfrac{-1}{15} \\
\dfrac{-5}{15} & \dfrac{5}{15}
\end{pmatrix}
\end{align} $

(*Jika tertarik untuk berlatih lagi wacana Matematika Dasar: Matriks [Soal SBMPTN dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ \begin{pmatrix}
\dfrac{4}{15} & -\dfrac{1}{15} \\
-\dfrac{1}{3} & \dfrac{1}{3}
\end{pmatrix}$

14. Sebuah pabrik memproduksi ban sepeda melalui dua tahap. Tahap pertama menggunakan mesin $A$ untuk mengolah karet mentah menjadi keret siap cetak. Tahap kedua menggunakan mesin $B$ untuk mengolah karet siap cetak menjadi ban. Misalkan $x$ menyatakan jumlah karet mentah dalam satuan $kg$ dan $y$ menyatakan jumlah materi siap cetak dalam satuan $m^{2}$. Pada tahap pertama, banyak materi siap cetak dihasilkan mengikuti fungsi $y=f(x)=5x-7$. Pada tahap kedua, jumlah ban yang dihasilkan mengikuti fungsi $g(y)=7y+3$. Jika satu buah ban sepeda seharga $Rp50.000$ dan terdapat $100\ kg$ karet mentah, pendapatan pabrik tersebut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & Rp169.500.000,00 \\
(B).\ & Rp170.550.000,00 \\
(C).\ & Rp170.700.000,00 \\
(D).\ & Rp172.550.000,00 \\
(E).\ & Rp172.700.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Banyak materi mengikuti fungsi $y=f(x)=5x-7$, untuk $x=100$ maka $y=5(100)-7=493$

Jumlah ban yang dihasilkan mengikuti $g(y)=7y+3$, untuk $y=493$ maka $g(y)=7(493)+3=3.454$

Jumlah materi yang dihasilkan yaitu $3.454$ buah dengan harga satu buah $Rp50.000$ maka pendapatan pabrik yaitu $3.454 \times 50.000=172.700.000$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E).\ Rp172.700.000,00$

15. Diketahui segitiga siku-siku $KLM$ dengan $sin\ L=\dfrac{7}{25}$ ($M$ dan $L$ sudut lancip). Nilai dari $(cosec\ L+tan\ M)(1-sin\ M)$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \dfrac{24}{25} \\
(B).\ & \dfrac{18}{25} \\
(C).\ & \dfrac{7}{25} \\
(D).\ & \dfrac{6}{25} \\
(E).\ & \dfrac{4}{25} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Sebagai gambaran segitiga siku-siku $KLM$ sanggup digambarkan sebagai berikut:

jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)

Dengan menggunkan teorema phytagoras sanggup kita hitung, $KL$ yaitu:
$\begin{align}
KL^{2} & = LM^{2}- KM^{2} \\
& = 25^{2}- 7^{2} \\
& = 625 - 49 \\
& = 576 \\
KL & = \sqrt{576}=24
\end{align}$

$\begin{align}
& \left( cosec\ L+tan\ M \right) \left( 1-sin\ M \right) \\
& = \left( \dfrac{1}{sin\ L}+tan\ M \right) \left( 1-sin\ M \right) \\
& = \left( \dfrac{25}{7}+ \dfrac{24}{7} \right) \left( 1- \dfrac{24}{25} \right) \\
& = \left( \dfrac{49}{7} \right) \left( \dfrac{1}{25} \right) \\
& = \left( 7 \right) \left( \dfrac{1}{25} \right) \\
& = \dfrac{7}{25}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ \dfrac{7}{25}$

16. Seorang anak diminta untuk mengukur tinggi tiang listrik yang ada di depan sekolahnya dengan menggunakan klinometer. Pada posisi berdiri pertama dengan melihat ujung atas tiang listrik, terlihat klinometer menunjukkan sudut $30^{\circ}$. Kemudian ia bergerak mendekati tiang listrik sejauh $18$ meter dan terlihat klinometer menunjuk sudut $45^{\circ}$. Tinggi tiang listrik tersebut adalah...
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$\begin{align}
(A).\ & 18\sqrt{3}\ m \\
(B).\ & (18\sqrt{3}-18)\ m \\
(C).\ & (12\sqrt{3}+12)\ m \\
(D).\ & (9\sqrt{3}+9)\ m \\
(E).\ & (9\sqrt{2}+9)\ m
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mempermudah istilah pada gambar, titik-titik sudut kita beri nama sebagai berikut;

jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Dengan menggunakan perbandingan trigonometri kita peroleh:
$\begin{align}
tan\ 45 & = \dfrac{CD}{BC} \\
1 & = \dfrac{CD}{BC} \\
BC & = CD \\
tan\ 30 & = \dfrac{CD}{AC} \\
\dfrac{1}{3}\sqrt{3} & = \dfrac{CD}{AC} \\
\dfrac{1}{3}AC \sqrt{3} & = CD
\end{align}$

$\begin{align}
BC & = \dfrac{1}{3}AC \sqrt{3} \\
BC & = \dfrac{1}{3} (BC+18) \sqrt{3} \\
BC & = \dfrac{1}{3}BC\sqrt{3}+6\sqrt{3} \\
BC - \dfrac{1}{3}BC\sqrt{3} & = 6\sqrt{3} \\
3BC - BC\sqrt{3} & = 18\sqrt{3} \\
BC \left(3 - \sqrt{3} \right) & = 18\sqrt{3} \\
BC & = \dfrac{18\sqrt{3}}{3 - \sqrt{3}} \times \dfrac{3 + \sqrt{3}}{3 + \sqrt{3}} \\
& = \dfrac{54\sqrt{3}+54}{9 -3} \\
& = \dfrac{54\sqrt{3}+54}{6} \\
& = 9\sqrt{3}+9 \\
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D).\ (9\sqrt{3}+9)\ m $

17. Diketahui kubus $PQRS.TUVW$ dengan panjang rusuk $4\ cm$. Sudut anatar $UW$ dan $QV$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 150^{\circ} \\
(B).\ & 135^{\circ} \\
(C).\ & 120^{\circ} \\
(D).\ & 90^{\circ} \\
(E).\ & 60^{\circ} \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mempermudah melihat sudut kedua garis pada kubus, kita perhatikan gambar berikut ini;

jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Dari gambar sanggup kita lihat bahwa garis $UW$ dan garis $QV$ yaitu garis bersilangan. Untuk menemukan sudut kedua garis bersilangan, salah satu garis harus kita geser sejajar.

Kita pilih garis $QV$ hingga ke $PW$, sehingga sudut $PW$ dan $WU$ yaitu sudut yang akan kita cari. Dengan menggunakan pinjaman segitiga $PWU$, dimana segitiga $PWU$ yaitu segitiga sama sisi $(PW=WU=UP=4\sqrt{2})$ sehingga besar sudut $PW$ dan $WU$ yaitu $60^{\circ}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E).\ 60^{\circ}$

18. Balok $ABCD.EFGH$ menyerupai tampak pada gambar mempunyai ukuran $AB=10\ cm$, $BC=4\ cm$, $CG=8\ cm$, $AS=2\ cm$ dan $GM=3\ cm$. Seekor semut berjalan pada permukaan balok dari $S$ menuju makanan yang ada di $M$. Jarak terpendek dari asal semut $(S)$ ke makanan $(M)$ adalah...
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
$\begin{align}
(A).\ & 12\ cm \\
(B).\ & (4+\sqrt{41})\ cm \\
(C).\ & (4+\sqrt{89})\ cm \\
(D).\ & (8\sqrt{2}+5)\ cm \\
(E).\ & \sqrt{105}\ cm
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Lintasan semut yaitu pada permukaan balok, sehingga mustahil pribadi berjalan dari $S$ ke $M$.
Jarak terpendek sanggup pada balok sanggup kita hitung dengan menggunakan teorema phytagoras, pada balok kita munculkan persegi panjang $MNOP$. Kita perhatikan pada gambar berikut:

jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Dari gambar sanggup kita lihat bahwa jarak terpendek yaitu dari $S$ ke $P$ kemudian ke $M$.

Pada segitiga $SOP$ berlaku
$\begin{align}
SP^{2} & = OP^{2}+OS^{2} \\
& = 5^{2}+8^{2} \\
& = 25 +64 \\
& = 89 \\
SP & = \sqrt{89}
\end{align}$

Jarak terpendek dari $S$ ke $M$ yaitu $SP+PM=\sqrt{89}+4$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ (4+\sqrt{89})\ cm$

19. Segitiga $PQR$ dengan titik sudut $P(1,1)$, $Q(3,1)$, dan $R(2,2)$ dirotasi sebesar $180^{\circ}$ pada sentra rotasi $(3,4)$. Bayangan ketiga titik tersebut berturut-turut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & P'(5,7),\ Q'(3,7),\ R'(4,6) \\
(B).\ & P'(5,5),\ Q'(3,4),\ R'(4,6) \\
(C).\ & P'(4,7),\ Q'(3,7),\ R'(4,4) \\
(D).\ & P'(4,5),\ Q'(3,4),\ R'(4,4) \\
(E).\ & P'(4,7),\ Q'(3,7),\ R'(4,4)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bayangan titik $(x,y)$yang di rotasi dirotasi sejauh $\theta$ dengan sentra $(a,b)$ kita tentukan dengan matriks;
$\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} =\begin{pmatrix}
cos\ \theta & -sin\ \theta\\
sin\ \theta & cos\ \theta
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x-a\\
y-b
\end{pmatrix}+\begin{pmatrix}
a\\
b
\end{pmatrix}$

Bayangan titik $(x,y)$ yang di rotasi dirotasi sejauh $180^{\circ}$ dengan sentra $(3,4)$ adalah;
$\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} =\begin{pmatrix}
cos\ 180 & -sin\ 180\\
sin\ 180 & cos\ 180
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x-3\\
y-4
\end{pmatrix}+\begin{pmatrix}
3\\
4
\end{pmatrix}$

$\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} =\begin{pmatrix}
-1 & 0\\
0 & -1
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
x-3\\
y-4
\end{pmatrix}+\begin{pmatrix}
3\\
4
\end{pmatrix}$

Bayangan titik $P(1,1)$
$\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} =\begin{pmatrix}
-1 & 0\\
0 & -1
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
1-3\\
1-4
\end{pmatrix}+\begin{pmatrix}
3\\
4
\end{pmatrix}$
$\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} =\begin{pmatrix}
-1 & 0\\
0 & -1
\end{pmatrix}\begin{pmatrix}
-2\\
-3
\end{pmatrix}+\begin{pmatrix}
3\\
4
\end{pmatrix}$
$\begin{pmatrix}
x'\\
y'
\end{pmatrix} =\begin{pmatrix}
2+3\\
3+4
\end{pmatrix}=\begin{pmatrix}
5\\
7
\end{pmatrix}$
Dengan cara yang sama bayangan titik $Q(3,1)$ yaitu $Q'(3,7)$ dan bayangan titik $R(2,2)$ yaitu $R'(4,6)$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A).\ P'(5,7),\ Q'(3,7),\ R'(4,6)$

20. Nilai dari $ \underset{x \to \infty}{lim} \left ( \sqrt{9x^2+7x-2}- 3x-1 \right )$ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \dfrac{1}{6} \\
(B).\ & \dfrac{1}{2} \\
(C).\ & 1 \\
(D).\ & \dfrac{13}{6} \\
(E).\ & 3
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$ \begin{align}
& \underset{x \to \infty}{lim} \left ( \sqrt{9x^2+7x-2}- 3x-1\right ) \\
& = \underset{x \to \infty}{lim} \left ( \sqrt{9x^2+7x-2}- \left (3x+1 \right ) \right ) \\
& = \underset{x \to \infty}{lim} \left ( \sqrt{9x^2+7x-2}-\sqrt{ \left (3x+1 \right )^{2}} \right ) \\
& = \underset{x \to \infty}{lim} \left ( \sqrt{9x^2+7x-2}-\sqrt{9x^2+6x+1} \right ) \\
& = \frac{b-q}{2\sqrt{a}} \\
& = \frac{7-6}{2\sqrt{9}} \\
& = \frac{1}{6}
\end{align} $
(*Jika tertarik untuk berlatih lagi wacana Matematika Dasar: Limit Takhingga [Soal SBMPTN dan Pembahasan])

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A).\ \dfrac{1}{6}$

21. Perhatikan gambar berikut!
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Luas tempat persegi yang diarsir adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 32\ cm^{2} \\
(B).\ & 16\ cm^{2} \\
(C).\ & 12\ cm^{2} \\
(D).\ & 8 cm^{2} \\
(E).\ & 4\ cm^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika kita perhatikan luas persegi pertama (terluar) yaitu $8 \times 8 =64\ cm^{2}$
Persegi yang kedua $4\sqrt{2} \times 4\sqrt{2} =32\ cm^{2}$
Persegi yang ketiga $4 \times 4 =16\ cm^{2}$
Persegi yang keempat $2\sqrt{2} \times 2\sqrt{2} =8\ cm^{2}$
Persegi yang kelima $2 \times 2 =4\ cm^{2}$

atau bisa pakai deret geometri suku ke-5 dengan $a=64$ dan $r=\dfrac{32}{64}=\dfrac{1}{2}$ adalah:
$U_{n}=ar^{n-1}$
$U_{5}=(64)(\dfrac{1}{2})^{5-1}$
$U_{5}=(64)(\dfrac{1}{2})^{4}$
$U_{5}=(64)\left(\dfrac{1}{16} \right)$
$U_{5}=4$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E).\ 4\ cm^{2}$

22. Suku ke-8 suatu deret aritmatika yaitu $15$ dan jumlah suku ke-2 dengan suku ke-16 yaitu $26$. Jumlah $40$ suku pertama deret adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 800 \\
(B).\ & 400 \\
(C).\ & -200 \\
(D).\ & -400 \\
(E).\ & -800
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Catatan deret aritmatika untuk menuntaskan soal diatas yaitu suku ke-$n$ yaitu $U_{n}=a=(n-1)b$ dan jumlah $n$ suku pertama yaitu $S_{n}=\dfrac{n}{2} \left(2a+(n-1)b \right)$ atau $S_{n}=\dfrac{n}{2} \left(a+U_{n} \right)$

Suku ke-8 deret aritmatika yaitu 15, berlaku:
$\begin{align}
U_{8} & = 15 \\
a+7b & = 15
\end{align}$

Jumlah suku ke-2 dengan suku ke-16 yaitu $26$, berlaku:
$\begin{align}
U_{2} + U_{16} & = 26 \\
a+b + a+15b & = 26 \\
2a+16b & = 26 \\
a+8b & = 13
\end{align}$


$\begin{array}{c|c|cc}
a+8b = 13 & \\
a+7b=15 & - \\
\hline
b = - 2 & \\
a = 15 + 14 = 19 & \\
\end{array} $

Jumlah $40$ suku pertama deret adalah:
$\begin{align}
S_{n} & = \dfrac{n}{2} \left(2a+(n-1)b \right) \\
S_{40} & = \dfrac{40}{2} \left(2(19)+(40-1)(-2) \right) \\
& = 20 \left(38-78 \right) \\
& = -800
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(E).\ -800$


23. Hasil dari $\int 4x\ \left ( 2x^{2}-1 \right )^{3}\ dx $ adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \dfrac{1}{4} \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4} + C \\
(B).\ & 4 \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4} + C \\
(C).\ & \dfrac{1}{2} \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4} + C \\
(D).\ & \dfrac{1}{8} \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4} + C \\
(E).\ & \dfrac{1}{8} \left ( 2x^{2}+1 \right )^{4} + C
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Hasil $\int 4x\ \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4}\ dx $ kita coba kerjakan dengan pemisalan;
Misal:
$\begin{align}
u & = 2x^{2}-1 \\
\dfrac{du}{dx} & = 4x \\
du & = 4x\ dx
\end{align}$

Soal diatas, kini bisa kita rubah menjadi;
Misal:
$\begin{align}
& \int 4x\ \left ( 2x^{2}-1 \right )^{3}\ dx \\
& = \int \left ( u \right )^{3}\ 4x\ dx \\
& = \int \left ( u \right )^{3}\ du \\
& = \dfrac{1}{4} \left ( u \right )^{3+1} + C \\
& = \dfrac{1}{4} \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4} +C
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A).\ \dfrac{1}{4} \left ( 2x^{2}-1 \right )^{4} + C$

24. Diketahui $\int_{-2}^{3} \left ( 3x^{2}-12x+m \right ) dx=30$. Nilai $m$ yang memenuhi adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 3 \\
(B).\ & 5 \\
(C).\ & 6 \\
(D).\ & 8 \\
(E).\ & 9
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

$ \begin{align}
\int_{-2}^{3} \left ( 3x^{2}-12x+m \right ) dx & = 30 \\
\left [x^{3}-6x^{2}+mx \right ]_{-2}^{3} & = 30 \\
\left [(3)^{3}-6(3)^{2}+m(3) \right ]-\left [(-2)^{3}-6(-2)^{2}+m(-2) \right ] & = 30 \\
\left [27-54+3m \right ]-\left [-8-24-2m \right ] & = 30 \\
35-30+5m & = 30 \\
5 +5m & = 30 \\
m & = \frac{25}{5}=5
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ 5$

25. Perhatikan tempat penyelesaian berikut!
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Sistem pertidaksamaan linear yang memenuhi tempat penyelesaian yang diarsir adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 2x+y \leq 4;\ x+3y \leq 6;\ x \geq 0;\ y \geq 0 \\
(B).\ & 2x+y \leq 4;\ x+3y \geq 6;\ x \geq 0;\ y \geq 0 \\
(C).\ & 2x+y \geq 4;\ x+3y \leq 6;\ x \geq 0;\ y \geq 0 \\
(D).\ & 2x+y \leq 4;\ 3x+y \leq 6;\ x \geq 0;\ y \geq 0 \\
(E).\ & 2x+y \geq 4;\ 3x+y \leq 6;\ x \geq 0;\ y \geq 0 \\
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memilih sistem pertidaksamaan dari tempat yang diarsir pada gambar, pertama kita harus mendapat sistem persamaannya atau batas-batas tempat yang diarsir.
Pada gambar diatas ada 4 garis yang membatasi tempat yang diarsir, coba kita berikan ilustrasinya;

jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Batas-batas tempat yang memenuhi;
  • $I:\ 4x+2y=8\ \rightarrow\ 2x+y=4$
  • $II:\ 2x+6y=12\ \rightarrow\ x+3y=6$
  • $III:\ y=0$
  • $IV:\ x=0$

Untuk memilih pertidaksamaannya, kita tentukan dengan titik uji. Kita pilih sebuah titik pada tempat yang merupakan himpunan penyelesaian atau tempat yang diarsir pada gambar.
  • Titik $(0,0)$ ke $2x+y=4$ diperoleh $ 0 \leq 4 $, maka pertidaksamaannya yaitu $ 2x+y \leq 4 $.
  • Titik $(0,0)$ ke $x+3y=6$ diperoleh $ 0 \leq 6 $, maka pertidaksamaannya yaitu $ x+3y\leq 6 $.
  • Untuk batas $III$ dan $IV$ tempat yang diarsir yaitu tempat $x \geq 0;\ y \geq 0$

Trik untuk melihat atau memilih tempat Himpunan Penyelesaian sanggup dengan melihat koefisien $y$.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\leq$ maka tempat HP berada di bawah garis.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\geq$ maka tempat HP berada di atas garis.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A).\ 2x+y \leq 4;\ x+3y \leq 6;\ x \geq 0;\ y \geq 0$

26. Seoarang petani ikan ingin menciptakan 12 bak ikan untuk ikan lele dan ikan gurami. Kolam ikan lele memerlukan lahan $20\ m^{2}$ dan bak ikan gurmai memerlukan lahan $40\ m^{2}$, sedangkan lahan yang tersedia hanya $400\ m^{2}$. Setiap bak ikan gurami menghasilakn laba $Rp10.000.000,00$ dan setiap bak ikan lele menghasilakn laba $Rp6.000.000,00$. Keuntungan maksimum yang bisa diperoleh petani tersebut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & Rp72.000.000,00 \\
(B).\ & Rp75.000.000,00 \\
(C).\ & Rp88.000.000,00 \\
(D).\ & Rp104.000.000,00 \\
(E).\ & Rp115.000.000,00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Informasi yang ada pada soal coba kita rangkum dalam bentuk tabel, dengan memisalkan banyak bak $\text{lele}\ =x$ dan $\text{gurami}\ =y$ maka kurang lebih menjadi menyerupai berikut ini;

Jenis Kolam lahan banyak
Lele ($x$) $20$ $x$
Gurami ($y$) $40$ $y$
Tersedia $400$ $12$
Keuntungan yang dibutuhkan tergantung nilai $x$ dan $y$ yaitu $Z=6.000.000x+10.000.000y$.

Dari tabel diatas, sanggup kita bentuk sistem pertidaksamaannya;
$\begin{align}
20x+40y & \leq 400 \\
\left( x+2y \leq 20 \right) & \\
x+y & \leq 12 \\
x & \geq 0 \\
y & \geq 0
\end{align} $
Trik untuk melihat atau memilih tempat Himpunan Penyelesaian sanggup dengan melihat koefisien $y$.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\leq$ maka tempat HP berada di bawah garis.
  • Jika koefisien $y$ positif dan tanda $\geq$ maka tempat HP berada di atas garis.
Jika kita gambarkan gambaran tempat Himpunan Penyelesaian sistem pertidaksamaan diatas adalah;
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Untuk mendapat penjualan maksimum, salah satu caranya sanggup dengan titik uji pada titik sudut tempat HP kepada fungsi tujuan $Z=6x+10y$ (dalam jutaan).
  • titik $(0,0)$ maka $Z=6 (0)+10 (0)=0$
  • titik $(12,0)$ maka $Z=6 (12)+10 (0)=72 $
  • titik $(4,8)$ maka $Z=6 (4)+10 (8)=104 $
  • titik $(4,8)$ kita peroleh dengan mengeliminasi atau substitusi garis 1 dan garis 2
  • titik $(0,10)$ maka $Z=6 (0)+10 (10)=100 $
$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D).\ Rp104.000.000,00$

27. Raras akan menciptakan isyarat dengan menyusun dari $5$ karakter dan diikuti oleh $2$ angka berbeda. Jika karakter yang disusun berasal dari karakter penyusun namanya, banyak isyarat yang sanggup dibentuk adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 1.800 \\
(B).\ & 2.160 \\
(C).\ & 2.700 \\
(D).\ & 4.320 \\
(E).\ & 5.400
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Huruf penyusun nama raras yaitu $5$ karakter dimana dua karakter yaitu sama, sehingga untuk menyusunnya kita pakai permutasi dengan ada unsur yang sama. Lalu diikuti oleh $2$ angka yang berasal dari $10$ angka yang ada.

Banyak susunan ode yang mungkin adalah:
$\begin{align}
& P_{2! 2!}^{5!} \times 10 \times 9 \\
& = \dfrac{5 \times 4 \times 3 \times 2 \times 1 }{ 2 \times 2} \times 90 \\
& = 30 \times 90 \\
& = 2.700
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ 2.700$

28. Sebuah kotak berisi $5$ bola berwwarna merah dan $3$ bola berwarna putih. Dari dalam kotak diambil $2$ bola secara acak. Banyak cara pengambilan semoga yang terambil satu bola merah dan satu bola putih adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 8 \\
(B).\ & 15 \\
(C).\ & 25 \\
(D).\ & 27 \\
(E).\ & 30
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk mengambil $2$ bola dimana satu bola merah dan satu bola putih, berarti akan dipilih satu bola merah dari $5$ bola dan satu bola putih dari $3$ bola:

Banyak cara pengambilan adalah:
$\begin{align}
& _{5}C_{1} \times _{3}C_{1} \\
& = 5 \times 3 \\
& = 15
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ 15$

29. Dari angka-angka $0,1,3,4,7,\ \text{dan}\ 9$ akan disusun bilangan yang terdiri atas tiga angka berlainan dan kurang dari $500$. Banyak bilangan yang sanggup dibentuk adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 120 \\
(B).\ & 80 \\
(C).\ & 60 \\
(D).\ & 40 \\
(E).\ & 15
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Bilangan yang akan disusun dari $0,1,3,4,7,\ \text{dan}\ 9$ yaitu kurang dari $500$, maka angka ratusan yang mungkin (1,3,4), puluhan (0,1,3,4,7,9) dan satuan (0,1,3,4,7,9).

Banyak bilangan yaitu $3 \times 5 \times 4 =60$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ 60$

30. Kotak I berisi $3$ bola merah dan $3$ bola putih, sedangkan kotak II berisi $5$ bola merah dan $3$ bola putih. Dari kedua kotak tersebut secara acak masing-masing diambil sebuah bola. Peluang terambil bola merah dari kotak I dan bola putih dari kotak II adalah...
$\begin{align}
(A).\ & \dfrac{5}{40} \\
(B).\ & \dfrac{3}{16} \\
(C).\ & \dfrac{3}{20} \\
(D).\ & \dfrac{1}{5} \\
(E).\ & \dfrac{1}{4}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Peluang sebuah insiden $E$ yaitu $P(E)=\dfrac{n(E)}{n(S)}$

Pada kotak I, merah=3 dan putih=3
Peluang terambil bola merah dari kotak I
$\begin{align}
P(M_{I}) & = \dfrac{n(E_{I})}{n(S_{I})} \\
& = \dfrac{3}{6} = \dfrac{1}{2}
\end{align}$

Pada kotak II, merah=5 dan putih=3
Peluang terambil bola putih dari kotak II
$\begin{align}
P(P_{II}) & = \dfrac{n(E_{II})}{n(S_{II})} \\
& = \dfrac{3}{8}
\end{align}$

Peluang terambil bola merah dari kotak I dan bola putih dari kotak II
$\begin{align}
P(E) & =P(M_{I}) \times P(P_{II}) \\
& =\dfrac{n(E_{I})}{n(S_{I})} \times \dfrac{n(E_{II})}{n(E_{II})} \\
& =\dfrac{3)}{6} \times \dfrac{3}{8} \\
& =\dfrac{3)}{16}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(B).\ \dfrac{3}{16}$

31. Diberikan Histogram sebagai berikut:
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Gambar ogive dari histogram tersebut adalah...
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Alternatif Pembahasan:

Dari histogram yang disajikan pada gambar, sanggup kita buat ogive positif dan ogive negatif. Untuk menciptakan ogive kita membutuhkan distribusi frekuensi relatif. Kita sajikan dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Tabel distribusi Frekuensi
Kelas Frekuensi $f_{k} \leq$ $f_{k} \geq$
$10-19$$15$$\leq 9,5: 0$$\geq 9,5: 120$
$20-29$$20$$\leq 19,5: 15$$\geq 19,5: 105$
$30-39$$30$$\leq 29,5: 35$$\geq 29,5: 85$
$40-49$$25$$\leq 39,5: 65$$\geq 39,5: 55$
$50-59$$15$$\leq 49,5: 90$$\geq 49,5: 30$
$60-69$$10$$\leq 59,5: 105$$\geq 59,5: 15$
$70-79$$5$$\leq 69,5: 115$$\geq 69,5: 5$
$80-89$$0$$\leq 79,5: 120$$\geq 79,5: 0$
Jumlah$120$$-$$-$
Dari tabel diatas ogive yang paling sempurna mewakili tabel distribusi frekuensi kurang dari dan lebih dari yaitu grafik $(D)$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(D)$

32. Perhatikan grafik histogram berikut!
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Modus dari data Histogram tersebut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 23,00 \\
(B).\ & 23,50 \\
(C).\ & 24,33 \\
(D).\ & 24,53 \\
(E).\ & 24,83
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Modus yaitu nilai yang paling sering muncul atau frekuensi yang paling besar.
Untuk data tunggal modus suatu data gampang ditemukan, tetapi untuk data berkelompok modus data sedikit lebih indah.
Modus data berkelompok dirumuskan menyerupai berikut ini;
$Mo = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c$
dimana;

  • $Tb_{mo}:$Tepi bawah kelas modus, dan Kelas modus yaitu kelas dengan frekuensi paling besar.
  • Dari histogram terlihat bahwa kelas yang mempunyai frekuensi tertinggi yaitu kelas $21-26$ dengan frekuensi $12$, maka kelas modusnya yaitu kelas ke-3 dengan interval $21-26$; $(Tb_{mo} = 21,5)$;
  • $d_1:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelum kelas modus; $(d_{1}=12-8=4)$;
  • $d_2:$ Selisih frekuensi kelas modus dengan kelas setelah kelas modus; $(d_{2}=12-10=2)$;
  • $c:$ Panjang Kelas $(c=26,5-21,5=5)$;

$ \begin{align}
Mo & = Tb_{mo} + \left( \frac{d_1}{d_1 + d_2} \right) c \\
& = 21,5 + \left( \frac{4}{4 + 2} \right) \cdot 5 \\
& = 21,5 + \left( \frac{4}{6} \right) \cdot 5 \\
& = 21,5 + \frac{20}{6} \\
& = 21,5 + 3,33 \\
& = 24,83
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(E)\ 24,83$


33. Tabel berikut menunjukkan data berat tubuh anak (dalam kg) di suatu puskesmas.
Berat Badan (kg) Frekuensi
$3-5$ $9$
$6-8$ $7$
$9-11$ $5$
$12-14$ $12$
$15-17$ $3$
$18-20$ $4$
Kuartil atas data berat tubuh anak tersebut adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 14,85\ kg \\
(B)\ & 14,75\ kg \\
(C)\ & 13,90\ kg \\
(D)\ & 13,85\ kg \\
(E)\ & 13,75\ kg
\end{align} $
Alternatif Pembahasan:

Kuartil yaitu suatu nilai pembatas yang membagi data menjadi empat serpihan yang sama besar setelah diurutkan dari yang terkecil ke terbesar.
Kuartil terdiri dari tiga jenis yaitu kuartil pertama $(Q_{1})$ yang disebut juga kuartil bawah, Kuartil kedua $(Q_{2})$ yang disebut juga median atau nilai tengah, dan Kuartil ketiga $(Q_{3})$ yang disebut juga kuartil atas.

Data pada tabel sanggup kita hitung yaitu total frekuensi yaitu $n=40$.

  • Untuk memilih letak $Q_{3}$ ada pada data ke- $\left[\frac{3}{4}(n+1) \right]$
  • $Q_{3}$ terletak pada data ke- $\left[\frac{3}{4}(40+1) \right]=30,75$
  • $Q_{3}$ berada pada data ke-$30,75$ artinya $Q_{3}$ berada pada kelas interval $12-14$ (*9+7+5+12=33)
  • Tepi bawah kelas $Q_{3}$: $12-14$
    $t_{b}= 12 - 0,5 = 11,5 $
  • Frekuensi kumulatif sebelum kelas $Q_{3}$,
    $f_{k}= 9+7+5=21$
  • Frekuensi kelas $Q_{3}$, $f_{Q_{3}}=12$
  • Panjang kelas $c=14,5-11,5=3$

$ \begin{align}
Q_{3} & = t_{b} + \left( \frac{\frac{3}{4}n - f_{k}}{f_{Q_{3}}} \right)c \\
& = 11,5 + \left( \frac{\frac{3}{4} \cdot 40 - 21}{12} \right)3 \\
& = 11,5 + \left( \frac{30 - 21}{12} \right)3 \\
& = 11,5 + \left( \frac{9}{12} \right)3 \\
& = 11,5 + \frac{9}{4} \\
& = 13,75
\end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai $(E)\ 13,75\ kg$

34. Indri menggunting karton membentuk sebuah segitiga sembarang. Masing-masing titik sudutnya ditandai dengan karakter $P,\ Q,\ \text{dan}\ R$ Panjang sisi $PQ$ yaitu $15\ cm$, panjang sisi $QR$ yaitu $20\ cm$, dan besar sudut $Q$ yaitu $30^{\circ}$. Luas segitiga $PQR$ yang dibentuk oleh Indri adalah..
$\begin{align}
(A).\ & 75\ cm^{2} \\
(B).\ & 75 \sqrt{2}\ cm^{2} \\
(C).\ & 75 \sqrt{3}\ cm^{2} \\
(D).\ & 150\ cm^{2} \\
(E).\ & 150 \sqrt{2}\ cm^{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Segitiga yang dibentuk Indri yaitu segitiga $PQR$ dimana diketahui $PQ=15\ cm$, $QR=20\ cm$, dan besar sudut $Q$ yaitu $30^{\circ}$.
Luas segitiga $PQR$ sanggup kita hitung dengan menggunakan luas segitiga kalau diketahui panjang dua sisi dan satu sudut, yaitu:
$\begin{align}
L & = \dfrac{1}{2} \cdot PQ \cdot QR\ \cdot sin\ Q \\
& = \dfrac{1}{2} \cdot PQ \cdot QR\ \cdot sin\ 30^{\circ} \\
& = \dfrac{1}{2} \cdot 15 \cdot 20 \cdot \dfrac{1}{2} \\
& = 15 \cdot 5 \\
& = 75
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(A).\ 75\ cm^{2}$

35. Bahtiar berangkat dari ke kampus pukul $06.30$ setiap pagi. Jika menggunakan kendaraan beroda empat dengan kecepatan rata-rata $40$ km/jam, ia datang di kampus terlambat $15$ menit. Jika menggunakan motor dengan kecepatan rata-rata $60$ km/jam, ia datang di kampus $5$ menit sebelum perkuliahan dimualai. Perkuliahan di kampus Bahtiar dimuali pukul...
$\begin{align}
(A).\ & 07.45 \\
(B).\ & 07.30 \\
(C).\ & 07.15 \\
(D).\ & 07.10 \\
(E).\ & 07.00
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Kita coba selesaikan dengan memisalkan jarak rumah ke kampus yaitu $x$ km dan waktu yang dibutuhkan untuk hingga di kampus sempurna waktu yaitu $t$ jam.

Dengan kecepatan $40$ km/jam ia datang di kampus $15$ menit terlambat maka waktu yang dibutuhkan yaitu $t+\dfrac{15}{60}$ jam.
$\begin{align}
v & = \dfrac{s}{t} \\
40 & = \dfrac{x}{t+\dfrac{15}{60}} \\
40t+10 & = x
\end{align}$

Dengan kecepatan $60$ km/jam ia datang di kampus $5$ menit lebih cepat maka waktu yang dibutuhkan yaitu $t-\dfrac{5}{60}$ jam.
$\begin{align}
v & = \dfrac{s}{t} \\
60 & = \dfrac{x}{t-\dfrac{5}{60}} \\
60t-5 & = x
\end{align}$

dari nilai $x$ yang kiat peroleh diatas sanggup kita simpulkan
$\begin{align}
40t+10 & = 60t-5 \\
10+5 & = 60t-40t \\
15 & = 20t \\
t & = \dfrac{15}{20}
t & = \dfrac{3}{4}
\end{align}$

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk hadir di kampus sempurna waktu yaitu $t$ jam atau $\dfrac{3}{4}$ jam atau $45$ menit. Sehingga kalau berangkat dari rumah pukul $06.30$, kampus masuk $07.15$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ 07.15$

36. Diketahui barisan geometri dengan $U_{5}=6$ dan $U_{9}=24$. Suku ke-4 barisan tersebut adalah...
$\begin{align}
(A).\ & 4\sqrt{3} \\
(B).\ & 3\sqrt{3} \\
(C).\ & 3\sqrt{2} \\
(D).\ & 2\sqrt{3} \\
(E).\ & 2\sqrt{2}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Catatan tenatang barisan geometri untuk menuntaskan soal diatas yaitu suku ke-n barisan geometri yaitu $U_{n}=ar^{n-1}$.
$\begin{align}
U_{5} & = ar^{5-1} \\
6 & = ar^{4}
\end{align}$

$\begin{align}
U_{9} & = ar^{9-1} \\
24 & = ar^{8} \\
24 & = ar^{4} \cdot r^{4} \\
24 & = 6 \cdot r^{4} \\
4 & = r^{4} \\
4^{\dfrac{1}{4}} & = r \\
2^{\dfrac{1}{2}} & = r \\
\sqrt{2} & = r
\end{align}$

untuk $r=\sqrt{2}$ maka
$\begin{align}
6 & = ar^{4} \\
6 & = a (4) \\
a & = \dfrac{3}{2}
\end{align}$

$\begin{align}
U_{4} & = ar^{4-1} \\
& = ar^{3} \\
& = \dfrac{3}{2} \cdot (\sqrt{2})^{3} \\
& = \dfrac{3}{2} \cdot 2\sqrt{2} \\
& = 3\sqrt{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai yaitu $(C).\ 3\sqrt{2}$

37. Persamaan kuadrat $2x^{2}+12x+17=0$ mempunyai akar-akar $\alpha$ dan $\beta$. Persamaan kuadrat gres yang akar-akarnya $\dfrac{\alpha-2}{2}$ dan $\dfrac{\beta-2}{2}$ yaitu $ax^{2}+bx+c=0$. Nilai $2a+b+c$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Persamaan kuadrat $2x^{2}+12x+17=0$ mempunyai akar-akar $\alpha$ dan $\beta$ maka:
$\begin{align}
\alpha + \beta & = -\dfrac{b}{a}=-\dfrac{12}{2}=-6 \\
\alpha \times \beta & = \dfrac{c}{a}=\dfrac{17}{2}=8\dfrac{1}{2}
\end{align}$

Salah satu cara menyusun persamaan kuadrat yaitu dengan mengetahui hasil jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat tersebut.
Jika sebuah persamaan kuadrat akar-akarnya yaitu $x_{1}$ dan $x_{2}$ maka persamaan kuadrat tersebut adalah:
$x^{2}-\left( x_{1}+x_{2}\right)x+\left( x_{1} \times x_{2}\right)=0$

$\begin{align}
x_{1}+x_{2} & = \dfrac{\alpha-2}{2} + \dfrac{\beta-2}{2} \\
& = \dfrac{\alpha-2+\beta-2}{2} \\
& = \dfrac{\alpha+\beta-4}{2} \\
& = \dfrac{-6-4}{2} \\
& = -5
\end{align}$

$\begin{align}
x_{1} \times x_{2} & = \dfrac{\alpha-2}{2} \times \dfrac{\beta-2}{2} \\
& = \dfrac{\alpha \beta -2(\alpha + \beta)+4}{4} \\
& = \dfrac{8\dfrac{1}{2} -2(-6)+4}{4} \\
& = \dfrac{8\dfrac{1}{2} +16}{4} \\
& = \dfrac{24\dfrac{1}{2}}{4} \\
& = \dfrac{49}{8}
\end{align}$

Persamaan kuadrat yang gres adalah:
$\begin{align}
x^{2}-\left( x_{1}+x_{2}\right)x+\left( x_{1} \times x_{2}\right) & = 0 \\
x^{2}-\left( -5 \right)x+\left( \dfrac{29}{8} \right) & = 0 \\
x^{2}+5x+ \dfrac{49}{8} & = 0 \\
8x^{2}+40x+ 49 & =0
\end{align}$
(*soal ini mempunyai banyak jawaban)

$\therefore$ Nilai $2a+b+c$ yaitu $2(8)+40+49=105$

38. Diketahui
$f(x)=\begin{cases}3x-a,\ x\leq 2 \\
2x+1,\ x \gt 2 \end{cases}$

Agar $\lim\limits_{x \to 2}f(x)$ mempunyai nilai, maka $a=...$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan defenisi limit, semoga $\lim\limits_{x \to 2}f(x)$ mempunyai nilai maka Limit Kiri = Limit Kanan secara simbol dituliskan $\lim\limits_{x \to 2^{+}}f(x)=\lim\limits_{x \to 2^{-}}f(x)=L$

Limit kanan $\lim\limits_{x \to 2^{+}}f(x)$
$\lim\limits_{x \to 2^{+}}(2x+1)=2(2)+1=5$

Limit kiri $\lim\limits_{x \to 2^{-}}f(x)$
$\lim\limits_{x \to 2^{-}}(3x-a)=3(2)-a=6-a$

Berdasarkan defenisi semoga $\lim\limits_{x \to 2}f(x)$ mempunyai nilai yaitu Limit Kiri = Limit Kanan maka:
$\begin{align}
6-a & = 5 \\
6-5 & = a \\
a & = 1
\end{align}$

$\therefore$ Nilai $a$ yaitu $1$

39. Nilai $x$ yang memenuhi fungsi trigonometri $f(x)=\sqrt{2}\ cos\ 3x+1$ memotong sumbu $X$ pada interval $180^{\circ} \leq x \leq 270^{\circ}$ adalah...
Alternatif Pembahasan:

Fungsi $f(x)=\sqrt{2}\ cos\ 3x+1$ memotong sumbu $x$ sehingga:
$\begin{align}
\sqrt{2}\ cos\ 3x+1 & = 0 \\
\sqrt{2}\ cos\ 3x & = -1 \\
cos\ 3x & = -\dfrac{1}{\sqrt{2}} \\
cos\ 3x & = -\dfrac{1}{2}\sqrt{2} \\
cos\ 3x & = cos\ 225
\end{align}$

$\begin{align}
3x = 225+k \cdot 360\ & \vee\ 3x = -225+k \cdot 360 \\
x = 75+k \cdot 120\ & \vee\ x = -75+k \cdot 120
\end{align}$

  • Untuk $k=-1$
    $x = -45 \vee\ x = -195$
  • Untuk $k=0$
    $x = 75 \vee\ x = -75$
  • Untuk $k=1$
    $x = 195 \vee\ x = 45$
  • Untuk $k=2$
    $x = 315 \vee\ x = 165$
  • Untuk $k=3$
    $x = 435 \vee\ x = 285$

$\therefore$ Nilai $x$ yang memenuhi yaitu $195$

40. Gambar berikut merupakan bagan arena pameran
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)
Banyak cara seorang pengunjung sanggup masuk dan keluar arena pekan raya tersebut adalah...
Alternatif Pembahasan:

Pintu masuk arena pekan raya ada $4$ pintu dan terdapat dua gedung di dalam arena pameran, sehingga banyak cara masuk dan keluar gedung ada $2$ cara yaitu lewat geduang A atau $B$.
Total banyak cara yaitu $4 \times 2 \times 2 + 4 \times 1 \times 2=16+8=24$

$\therefore$ Banyak cara yaitu $24$


Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait persoalan alternatif penyelesaian Soal dan Pembahasan Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A) atau request pembahasan soal, silahkan disampaikan😊CMIIW

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Sebagai tambahan, mari kita simak video pengenalan pertidaksamaan bentuk akar;
jian Nasional berbasis komputer sudah semakin akrab Simulasi UNBK Matematika IPA 2019 (*Soal dan Pembahasan Paket A)

Sumber http://defantri.blogspot.com

Related Posts

0 Response to "Simulasi Unbk Matematika Ipa 2019 (*Soal Dan Pembahasan Paket A)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel