iklan banner

✔ Pengertian Hasil Mencar Ilmu Berdasarkan Para Hebat Dan Daftar Pustaka

Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka ✔ Pengertian Hasil Belajar Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka

Proses pembelajaran yang dilakukan guru di kelas tentu mempunyai tujuan selesai yang harus dicapai. Salah satu tujuan yang ingin dicapai yaitu hasil berguru siswa lebih baik dari sebelumnya. Bloom (Sudjana, 2013: 22) mengelompokkan macam-macam hasil berguru secara umum menjadi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotor. Pada artikel ini tentu saya hanya membahas pengertian dari hasil berguru itu sendiri menurut pendapat dari ahli.

Baca juga tentang: RANAH KOGNITIF, RANAH AFEKTIF, dan RANAH PSIKOMOTOR.

Belajar merupakan salah satu faktor yang mensugesti dan berperan penting dalam pembentukan pribadi dan prilaku individu. Purwanto (2010: 38–39) menyampaikan “Belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam prilakunya”. Purwanto juga menyampaikan perubahan itu diperoleh melalui perjuangan (bukan sebab kematangan), menetap dalam waktu yang relatif lama, dan merupakan hasil pengalaman.

Hasil berguru merupakan kemampuan yang diperoleh individu sehabis proses pembelajaran berlangsung, yang sanggup menunjukkan perubahan tingkah laris baik pengetahuan, pemahaman, perilaku dan keterampilan siswa sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Arikunto (2009: 133) menyampaikan bahwa “Hasil berguru yaitu hasil selesai sehabis mengalami proses belajar, perubahan itu tampak dalam perbuatan yang sanggup diamati, dan sanggup diukur”. Pendapat lain yang disampaikan Sudjana (2013: 22) mengatakan, “Hasil berguru yaitu kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa sehabis ia mendapatkan pengalaman belajarnya”. Arifin (2010: 303) juga menyampaikan “Hasil berguru yang optimal sanggup dilihat dari ketuntasan belajarnya, terampil dalam menggerjakan tugas, dan mempunyai apresiasi yang baik terhadap pelajaran”. Jihad dan Haris (2010:15) mendefinisikan, “Hasil berguru yaitu perubahan tingkah laris siswa secara konkret sehabis dilakukan proses berguru mengajar yang sesuai dengan tujuan pengajaran”.

Hasil berguru merupakan penilaian dari proses berguru mengajar yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan berguru siswa. Hasil berguru juga sanggup diartikan hasil dari proses kegiatan berguru mengajar untuk mengetahui apakah suatu kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil atau tidak, yang didapat dari jerih payah siswa itu sendiri sesuai kemampuan yang ia miliki. Makara sanggup diartikan bahwa hasil berguru merupakan perjuangan sadar yang dicapai oleh siswa dengan pembuktian untuk mendapatkan umpan balik perihal daya serap siswa terhadap materi pelajaran yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan hasil berguru dalam pembelajaran.

Untuk mengetahui hasil berguru siswa, dilakukan penilaian atau penilaian yang merupakan tindak lanjut untuk mengukur tingkat penguasaan siswa. Hasil berguru sanggup dilihat dari hasil nilai ulangan harian (formatif), nilai ulangan tengah semester (sub sumatif), dan nilai ulangan semester (sumatif).

Baca juga tentang: PENILAIAN HASIL BELAJAR

Daftar Pustaka

Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumber http://pendidikandanteknolog.blogspot.com

0 Response to "✔ Pengertian Hasil Mencar Ilmu Berdasarkan Para Hebat Dan Daftar Pustaka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel