Makalah Bisnis: Online Shop

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebab berkat rahmat dan karunia-Nya yang begitu besar sanggup membantu penulis dalam menyelesaikdapat membantu penulis dalam menuntaskan makalah “Bisnis Online Shop Marketing”. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi kiprah matakuliah “Pengantar Bisnis”. Dan tak lupa, penulis berterima kasih kepada Ibu Fitria selaku Dosen mata kuliah Pengantar Bisnis di Universitas Gunadarma yang telah memperlihatkan penulis kiprah yang bermanfaat ini.
Meskipun dalam penyusunan makalah ini penulis banyak menemukn kendala dan kesulitan, tetapi sebab motivasi dan dorongan dari banyak sekali pihak jadinya makalah ini sanggup terselesaikan. Ucapan terima kasih pun tidak lupa kami ucapkan kepada pihak yang telah membantu kami dalam menuntaskan makalah ini yang tidak sanggup disebutkan satu per satu.
Penulis berharap semoga makalah ini sanggup berkhasiat dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan pembaca mengenai Bisnis. Penulis menyadari bahwa makalah ini sangat jauh dari kesempurnaan, oleh sebab itu masukan berupa kritikan dan saran sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah ini. Akhir kata, kiranya makalah ini sanggup berkhasiat dan bisa menjadi anutan bagi mahasiswa untuk sanggup mempelajari serta memahami perihal Bisnis. Sekian dan terima kasih.
Depok, 18 Oktober 2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ....................................................................................................... 2
DAFTAR ISI ..................................................................................................................... 3
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................................. 4
1.1 Latar Belakang ................................................................................................ 4
1.2 Rumusan Masalah ........................................................................................... 6
1.3 Tujuan Penulisan ............................................................................................. 6
1.4 Metodologi Penelitian ..................................................................................... 7
BAB II ISI ......................................................................................................................... 8
2.1 Pengertian Bisnis ............................................................................................ 8
2.2 Tujuan Bisnis .................................................................................................. 8
2.3 Internet Marketing .......................................................................................... 8
2.4 Pengertian Online Shop .................................................................................. 9
2.5 Elemen dalam Bisnis ...................................................................................... 10
2.6 Cara Sukses Usaha Bisnis Online Shop ......................................................... 10
2.7 Para Pelaku Bisnis Online .............................................................................. 12
2.8 Kelebihan dan Kemudahan Bisnis Online ..................................................... 12
2.9 Kekurangan dan Kelemahan Bisnis Online ................................................... 13
2.10 Cara Memastikan sebuah Online Shop ........................................................ 13
BAB III ANALISIS ......................................................................................................... 14
BAB IV PENUTUP ......................................................................................................... 16
4.1 Kesimpulan .................................................................................................... 16
4.2 Saran .............................................................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada kala yang modern ini, sudah banyak perkembangan yang sanggup kita lihat ketika ini. Salah satunya ialah penggunaan SMARTPHONE yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang simpel diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian sebab padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya kemudahan – kemudahan social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari. Hal ini terang menarik harapan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang perjuangan dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone ketika ini. Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan kemudahan internet yang semakin luas, kita sanggup mencoba suatu bentuk perjuangan yang sanggup ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.
Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melaksanakan sekali ‘klik’ saja.
Online Shop terhitung simpel di jalankan, dan murah, sebab tidak membutuhkan modal yang besar, foto produk serta kanal internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah sanggup berjalan Tujuan dari pembuatan perjuangan online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka perjuangan yag sanggup membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.
Bisnis Online ketika ini bukan lagi menjadi istilah aneh di Indonesia, baik kita yang kesehariannya terbiasa memakai internet ataupun tidak. Apapun definisi yang diberikan untuk Bisinis Online ini, yang terang pelaku bisnis ini memperolah keuntungan dari adanya internet.
Sebagian orang mendefinisikan bahwa bisnis onlineadalah sesuatu aktifitas bisnis baik jasa maupun produk yang ditawarkan melalui media internet mulai dari negoisasi sampai kegiatan transaksinya, ibarat menjual software, ebook dan sejenisnya tanpa harus bertatap muka dengan customer.Saya sendiri cenderung lebih oke apabila Bisnis Online didefinisikan sebagai “sesuatu aktifitas bisnis yang sebagian atau seluruh kegiatannya dilakukan melalui media internet” apapun jenis bisnisnya dari mulai menjual hasil bumi sampai mobil.
Dengan kata lain meski kita hanya seorang marketing dari sebuah perusahaan dan melaksanakan aktifitas marketing melalui media internet, bisa disebut sebagai pelaku bisnis online.
Bahkan yang luar biasa adalah, jikalau kita mempunyai kemampuan memasarkan di internet, sangat terbuka kesempatan luas untuk sanggup membantu memasarkan produk-produk orang lain baik perorangan maupun perusahaan-perusahaan dengan pendapatan yang menggiurkan.
Bisnis Online terdiri dari 2 kata yakni Bisnis dan Online. Bisnis yaitu suatu perjuangan atau acara yang dilakukan oleh kelompok maupun individual, untuk mendapatkan keuntungan dengan cara memproduksi produk maupun jasanya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Sedangkan kata Online berdasarkan kamus.web.id yaitu suatu kegiatan yang terhubung melalui jaringan komputer yang sanggup diakses melalui jaringan komputer lainnya.
Makara sanggup disimpulkan bahwa Bisnis Online yaitu suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun mempunyai tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.
Banyak dan banyak sekali alternatif bisnis online tempat kita memperoleh pundi – pundi rupiah dari bisnis online. Sebagai pola jikalau anda bisa melaksanakan kegiatan klik – klik iklan yang disediakan oleh pihak Advertiser maka anda lebih cocok mendalami bisnis Paid To Click (PTC). Jika anda mempunya skill dalam menjual barang dan jasa maka bisnis Affiliasi atau Reseller sangat cocok untuk anda. Pintar meracik dan berbagi blog maka Bisnis Paid Per Click (PPC) bisa anda gunakan untuk meramaikan blog anda. Pintar merayu downline, MLM Online cocok buat anda. Dan masih banyak lainnya yang bisa anda coba.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari bisnis ?
2. Apa tujuan dari bisnis ?
3. Apa yang dimaksud dengan internet arketing ?
4. Apa arti dari online shop ?
5. Apa sajakah elemen dari bisnis ?
6. Bagaiama cara sukses berbisnis online ?
7. Siapa sajakah pelaku bisnis online ?
8. Apa kelebihan dan kemudaha bisnis online ?
9. Apa kekurangan dan kelemahan bisnis online ?
10. Bagaimana cara untuk memastkan sebuat online shop ?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini yaitu untuk mengetahui perkembangan bisnis di dunia yang semakin modern oleh imbas teknologi. Dan hal ini sanggup dimaknai bahwa bisnis bisa dimulai kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja. Dengan banyak sekali teknologi kini ini, contohnya ibarat smartphone, seseorang bisa memulai berwirausaha melalui media umum yang juga banyak dipakai oleh masyaraat kini ini. Tujuan penulisan ini juga bermanfaat semoga sanggup menambah wawasan dalam mengikuti perkembangan teknologi.
1.4 Metodologi Penelitian
Metode yang dipakai dalam penyusunan makalah ini yaitu metode observasi, kepustakaan, dan deskriptif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu penulis sanggup mengetahui citra secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta tanda-tanda yang sudah diteliti.
BAB II
ISI
2.1 Pengertian Bisnis
Bisnis yaitu suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan acara dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibuat untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
2.2 Tujuan Bisnis
Dalam berbisnis atau berwirausaha ,berusaha mengolah materi untuk dijadikan produk yang diharapkan oleh konsumen yaitu berupa barang dan jasa. Sedangkan, tujuan dari perusahaan yaitu mendapatkan keuntungan maksimum, yakni suatu imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi para konsumen.
2.3 Internet Marketing
Pada dasarnya antara Bisnis Online dan Internet Marketing mempunyai kesamaan arti atau makna yang sama yakni sama – sama mempunyai tujuan untuk memperoleh penghasilan melalui dunia maya. Namun untuk Internet Marketing lebih berorientasi terhadapat ilmunya atau teknik – teknik mendapatkan uang dari bisnis online tersebut.
Makara sanggup disimpulkan bahwa Internet Marketing yaitu suatu ilmu wajib yang dipakai bagi setiap orang yang ingin berbagi perjuangan atau meraih penghasilan dari internet. Dengan mengetahui cara dan seni administrasi internet marketting yang tepat maka Anda akan mengerti dasar dari pemasaran melalui media internet.
Sebagai pola apabila anda mempunyai skill atau kemampuan menjual produk – produk dari produsen atau lebih familiarnya Affiliasi. Maka anda pastinya membutuhkan apa yang namanya tempat atau wadah untuk berpromosi. Kemudian anda menciptakan sebuah blog atau web dan anda kembangkan blog tersebut dengan banyak sekali teknik untuk mendatangkan pengunjung supaya mereka (pengunjung) membeli produk dari anda. Dengan menciptakan dan berbagi blog inilah anda sudah menerapkan teknik dari Internet Marketing. Dan masih banyak teknik Internet Marketing lainnya tidak hanya dengan menciptakan dan berbagi blog, saya beri pola dengan berpromosi melalui lembaga – forum, melalui jejaring sosial, website iklan baris, chat online, dsb.
2.4 Pengertian Online Shop
Menurut Didit Agus Irwantoko, belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet. Toko virtual ini mengubah paradigma proses membeli barang/jasa dibatasi oleh tembok, pengecer, atau mall. Maksutnya, tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita sanggup melaksanakan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Hasil survey terakhir (December 2011) memperlihatkan bahwa 36% dari seluruh transaksi perdagangan yang terjadi di Indonesia di lakukan secara online atau online shop.
Survey yang sanggup menjadi tolok ukur untuk mengetahui kecenderungan konsumen dalam berbelanja melalui online tersebut dilakukan di 25 negara dengan periode antara 5 Desember 2011 sampai 6 Februari 2012. Laporan untuk tempat Asia/Pasifik—Thailand, Cina, Jepang, Korea, Australia, Malaysia, Selandia Baru, Taiwan, Vietnam, Hong Kong, Indonesia, Singapura, India, Filipina—juga dilengkapi dengan wawancara mengenai sikap berbelanja online terhadap 7.373 responden dari 14 negara—catatan: hasil survei dan laporan yang menyertainya tidak mencerminkan kinerja keuangan MasterCard, (DuniaUKM, 2012).
Di Indonesia sendiri, belanja online atau online shop mulai muncul sekitar tahun 2000-an, dan kini toko online sudah menjamur ada dimana mana. Apalagi dengan adanya donasi media jejaring sosial, ibarat facebook, twitter, blog, multiply, tumblr, yang sanggup sangat berkhasiat untuk mempromosikan produk yang ingin di jual/di beli. Media sosial inilah merupakan salah satu media yang menciptakan berbelanja online semakin simpel terjadi.
2.5 Elemen dalam Bisnis
Elemen dalam sistem bisnis terdiri dari empat, yaitu :
1. Modal (Capital)
Sejumlah uang yang dipakai untuk menjalankan kegiatan bisnis yaitu transaksi.
2. Bahan-bahan (Materials)
Faktor produksi yang diharapkan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untukdiolah dan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
3. Sumber Daya Manusia ( SDM)
Kualifikasi SDM, yakni mempunyai kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
4. Keterampilan Manajemen ( Management Skill)
Sistem administrasi yang dijalankan berdasarkan mekanisme dan tata kerja manajemen
2.6 Cara Sukses Usaha Bisnis Online
Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap perihal bagaimana cara sukses perjuangan bisnis online. Adapun dalam goresan pena ini akan dipaparkan 10 cara sukses bisnis online yang tentunya akan sangat bermanfaat Anda baca:
1. Tentukan Tujuan
Dalam menentukan tujuan ini, Anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, perihal sektor bisnis online apa yang akan hendak dilakoni. Sebagai pola bisnis online jualan baju lewat Facebook, binsin online menciptakan Blog, bisnis online melalui Twitter dan lain sebagainya. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan perjuangan online yang akan dilaksanakan nantinya.
2. Riset Pasar
Memulai bisnis online sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jikalau sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar yaitu cara untuk mengendus seberapa baik potensi pasar.
3. Jangan Ditunda
Jika sudah punya tujuan Bisnis Online maka segera lakukan, laksanakan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering insiden sesuatu yang ditunda jadinya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, pribadi laksanakan jangan ditunda.
4. Lakukan Bertahap
Menjalankan bisnis online bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk menciptakan bisnis onlinenya lebih sukses.
5. Perluas Jaringan
Teman, mitra dan jaringan merupakan kepanjangan tangan dari pengaturan rejeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Makin banyak jaringan anda, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.
6. Marketing
Marketing atau pemasaran yaitu penggagas dari segala jenis bisnis di dunia ini, termasuk di bisnis online. Di dunia Bisnis manapun Marketing yaitu pendukung utama penjualan, jangan bosan untuk melaksanakan Marketing. Perusahaan yang sudah besar sekalipun tidak bosan-bosan melaksanakan Marketing.
7. Berani Ambil Resiko
Yang namanya Resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para mahir orang yang sukses yaitu orang yang berani ambil resiko.
8. Harus Fokus
Jangan simpel berpindah arah. Tetap fokus dengan bisnis online anda. Ada banyak “godaan” di bisnis online, dan di sini FOKUS anda diuji.
10. Jangan Bosan
Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan ketika harus menjalankan ini itu semoga bisnis online anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat simpel bosan. Yang namanya hidup ini adakalanya kita merasa bosan, makan saja kadang bosan. Tapi rasa bosan jangan dibiarkan, cari variasi lain biar nggak bosan
2.7 Para Pelaku Bisnis Online
1. Owner: sebagian orang yang mempunyai produk atau jasa.
2. Marketer: mereka-mereka yang mempunyai keahlian dalam memasarkan sebuah -
Produk tanpa mempunyai produk tersebut.
3. Publisher: sebagian orang yang mempunyai web/blog dengan menyediakan ruang
Sebagai tempat produksi produk.
2.8 Kelebihan dan Kemudahan Bisnis Online
Memang bisnis online mempunyai lebih kemudahan tertentu. Seperti contohnya kemudahan sebab kita tidak perlu keluar capek-capek menuju tempat belanja untuk membeli sesuatu. Kita hanya butuh membuka toko online, kemudian melihat-lihat barangnya dan kemudian mengadakan pemesanan. Terkadang juga barang yang Anda cari-cari bisa Anda temukan di toko online daripada offline.
Peluang
Bisnis internet memang sedang naik daun, sehingga banyak orang mencoba ikut dalam kemeriahan ini. Namun tidak sedikit yang kebingungan mau bisnis.Peluang perjuangan yang simpel dilakukan biasanya niscaya tidak membutuhkan modal besar. Cara Strategi Pemasaran Bisnis Online. Pemasaran banyak sekali perjuangan dan bisnis telah secara pribadi terpengaruh oleh revolusi digital dalam banyak sekali cara.
Ancaman
Banyak entrepreneur yang berpikir bahwa bahaya terbesar dalam berbisnis yaitu para pesaing yang berada di ceruk pasar yang sama dengan yang mereka terjuni. Mereka juga kadang berpikir bahaya terbesar yaitu ketidakpedulian konsumen terhadap produk dan layanan yang mereka luncurkan. Tetapi tak banyak yang menyadari bahwa kesuksesan juga menjadi satu faktor bahaya yang perlu diperhitungkan
2.9 Kekurangan dan Kelemahan Bisnis Online
Namun, bisnis online tetap mempunyai kelemahan. Kelemahannya yaitu perihal penipuan dan barang yang tidak sesuai keterangan (eror). Hal ini menjadi faktor yang menciptakan para pelanggan takut untuk membeli secara online. Biasanya eror yang sering terjadi yaitu barang yang tidak sesuai dengan gambar atau keterangan. Oleh sebab itu, kita tetap perlu berhati-hati dan sangat
Resiko Bisnis Online : Resiko penipuan Tidak Ada Order / Produk Tidak Laku Kasus Ambil Alih Konsumen Pada DROP SHIPPING Marketing Terlalu Berlebihan Diatas Kualitas Produk Order Meningkat Pesat Sampai Tidak Terlayani
2.10 Cara Memastikan sebuah Online Shop
Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini. Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :
a) Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang terang coba lacak memakai Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
b) Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melaksanakan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi.
c) Bila lokasi jauh bisakah transaksi memakai rekening bersama. Jika pemilik toko enggan memakai rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila memakai rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin.
d) Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu.
BAB III
ANALISIS
Di jaman yang serba maju kini ini, banyak yang memakai media umum sebagai tempat berbisnis. Hal itu dilakukan sebab modal yang dikeluarkan tidak begitu besar tapi peluang perjuangan tersebut itu untuk berhasil sangat besar asalkan kita lebih mengutamakan kenyamanan dan kualitas barang yang di jual kepada konsumen.
Promosi di media umum sangat besar manfaatnya, sebagai contohnya ketika kita meminta sahabat untuk promosikan juga di akun sosialnya sehingga barang yang kita jual akan tersebar luas, maksudnya tersebar luar yaitu banyak orang – orang yang tiba ke media umum kita baik untuk membeli atau sekedar mengujuki dan mengecek harga.
Sudah banyak bidang yang memakai media umum sebagai tempat berbisnis. Contohnya ibarat wisata kulier, pariwisata, oleh – oleh, pelengkapan pribadi bahkan perlengkapan rumah, dan masih banyak lagi. Hanya perlu membeli kuota internet maka kita sanggup berbagi bisnis tersebut secara online dengan tanpa unsur penipuan, sebab banyak sekali kasus kelalaian dalam menentukan online shoping sehingga mereka (konsumen) tertipu.
Penulis sempat mewawancarai salah satu mahasiswi Pariwisata, ia merupakan sahabat penulis sendiri sejak SMA. Menurutnya bidang pariwisata Indonesia sedang ditingkatkan untuk lebih bersaing dengan negara – negara tetangga, terutama pemerintah sedang mengusung rencana pariwisata yang bertemakan perihal pedesaan yang bertujuan juga untuk meningkatkan pendapatan daerah. Promosi yang dilakukan terfokus juga pada media umum yang bersifat online. Sudah banyak kini situs – situs liburan pariwisata yang populer di Indonesia, salah satunya yaitu Traveloka. Bukan hanya melalui media umum tetapi promosi juga dilakukan di televisi yang berupa iklan yang dipakai untuk meningkatkan nilai yang men-download aplikasi tersebut. Dari aplikasi tersebut, konsumen sanggup mengetahui pariwisata – pariwisata yang menarik serta tempata penginapan dan deskripsinya secara mendetail terutama problem harga. Dengan hadirnya banyak sekali maca situs – situs tersebut, sanggup memudahkan konsumen untuk liburan atau memenuhi keperluan kehidupan sehari – hari.
Makara berdasarkan penulis, bisnis online ini sangat membantu baik dikalangan manapun. Hanya perlu bagi konsumen untuk berhati – hati terhadap situs media umum yang bertujuan sebagai penipuan. Hendaknya kita sebagai pembeli, harus lebih teliti dalam menentukan bisnis online manakah yang terpercaya dan sudah banyak dipakai oleh masyarakat.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Bisnis yaitu suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian, sibuk mengerjakan acara dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibuat untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Belanja online (online shop) merupakan proses pembelian barang/jasa oleh konsumen ke penjual realtime, tanpa pelayan, dan melalui internet.
Tak perlu harus bertemu penjual/pembeli secara langsung, tak perlu menemukan wujud ‘pasar’ secara fisik, namun hanya dengan menghadap layar monitor computer, dengan koneksi internet tersambung, kita sanggup melaksanakan transaksi jual/beli secara cepat dan nyaman.
Tetapi, arang yang hanya di lihat secara gambar masih tidak cukup sebelum dilihatnya, serta diraba nya secara langsung. Sebagian lagi beranggapan, jikalau hanya melihat gambar, dan mengira - ira wujudnya saja, bisa jadi barang yang di beli tidak sesuai dengan ekspektasi atau bayangan kita. Atau lebih gamblangnya, mereka takut merasa kecewa atau di kecewakan dengan barang yang di dapatkannya sesudah melaksanakan transfer sejumlah uang tertentu. Karena transaksi sebagian besar online shop, dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah uang tertentu terlebih dulu kepada toko online, gres barang di kirim.
4.2. Saran
Dalam berwirausaha harus mempunyai harapan yang besar lengan berkuasa dan mendapatkan segala resiko yang ditempuh . Bahwa untuk memulai bisnis tidak ibarat sulap, nikmati saja prosesnya ,pegang teguh janji dan fokus, jangan berhenti menggali, sebab emas ada satu jengkal lagi.
Upaya pengembangan perjuangan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang diperlukan. Semakin banyaknya penciptaan lahan perjuangan maka akan mengurangi pengangguran di dalam negeri.
DAFTAR PUSTAKA
candysweet-aina.blogspot.com/search?q=
http://carapedia.com/memulai_usaha_online_info3601.html
Sumber http://defantri.blogspot.com
0 Response to "Makalah Bisnis: Online Shop"
Posting Komentar