iklan banner

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Perihal Alam Sekitar


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam Sekitar – Di bawah ini, ada sebuah tumpuan teks laporan yang membahas ihwal alam sekitar kita. Nah, teks yang akan di bahas merupakan teks laporan ihwal keadaan gajah di Propinsi Lampung.

GAJAH DI PROVINSI LAMPUNG
Gajah yaitu binatang berbadan besar yang hidut di daratan. Meskipun berbadan besar, namun gajah berakal berenang. Ia sanggup menempuh jarak hingga 50km. Gajah yaitu binatang yang cerdas. Ia mempunyai otak yang besar dan ia mempunyai ingatan yang baik sehingga ia tidak lupa apabila diberi perintah atau diajarii sesuatu. Gajah termasuk binatang herbivora.Makanannya ibarat rumput, buah, daun-daunan, dan lain-lain. Gajah juga merupakan binatang mammalian yang melahirkan dan menyusui anaknya. Di dunia terdapat sekitar 550 spesies gajah, namun hanya ada dua yang masih ada, yaitu Gajah Asia elephas maximus dan Gajah Afrika loxodonta africana. Ciri khas gajah Asia yaitu mempunyai telingan yang lebih kecil daripada gajah Afrika. Ciri khas lain dari gajah yaitu ia mempunyai gading yang kuat. Bagian tubuh gajah inilah yang sering kali menciptakan insan memburunya. Sering kita dengar gajah diburu dan dibunuh kemudian diambil gadingnya.
Bicara mengenai binatang gajah yang cerdas ini, di provinsi Lampung masih terdapat banyak gajah. Bahkan, binatang bertubuh besar ini dijadikan ikon provinsi tersebut dan banyak orang yang apabila mendengar kata Lampung, eksklusif akan mengingat gajah pula. Di provinsi Lampung terdapat tempat pelestarian, perlindungan, dan training binatang gajah yang dikenal dengan Taman Nasional Way Kambas. Tepatnya, taman nasional ini berlokasi di kecamatan Labuhan Ratu Lampung Timur, yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Jaraknya sekitar 110 km dari sentra Kota Bandar Lampung. Luas lahan Way Kambas sekitar 1.300 km² yang berupa dataran rendah di sekitar tempat Sungai Way Kambas, pantai timur Lampung.
Taman nasional ini telah didirikan semenjak tahun 1985 dan menjadi sekolah gajah pertama di Indonesia. Pusat konservasi gajah ini telah melatih lebih dari 300 ekor gajah yang kemudian disebar ke seluruh penjuru Indonesia. Bahkan, tempat ini juga menampung hewan-hewan lain ibarat spesies warak yang terancam punah. Ada juga harimau sumatera, mentok imba, buaya sepit.
Advertisement

Kabar menyedihkan dating pada pertengahan September kemudian ketika ditemukan seekor gajah mati di daerah Lampung. Gajah yang berjulukan Yongki itu merupakan bab dari Elephant Patrol Team di Resort Pemerihan, Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Yongki ditemukan mati pada hari Jumat tanggal 18 September 2015 kemudian pukul 07.30 WIB dengan keadaan kedua gadingnya hilang. Lokasi inovasi tubuh gajah yaitu di sekitar 300 meter belakang Pos Resort Pemerihan, SPTN Wilayah II Bengkunat, BPTN Wilayah I Semaka. Kematian gajah Yongki tentunya ada indikasi pembunuhan yang ditandai dengan hilangnya gading dari tubuh gajah tersebut. Hingga sekarang kasus tersebut dalam penyelidikan. Hasil investigasi terhadap YOngki mengatakan bahwa tidak ada bekas tembakan dan luka lain. Kondisi Yongki ketika itu pengecap sangat biru dan terdapat bengkak di usus nya namun tidak berat. Diduga luka dari pencabutan gading secara paksa yang menciptakan Yongki mati alasannya gading Yongki yang besar dan panjang itu tercabut habis hingga ujungnya. Diduga pelakunya dalah pemburu liar yang telah merencanakan pembunuhan tersebut dengan rapi sehingga petugas tidak mengetahui insiden tersebut hingga jasad Yongki ditemukan.

Kabar maut gajah Yongki ini memunculkan keprihatinan banyak pihak ibarat pelopor lingkungan yang berharap bahwa kasus tersebut sanggup diungkap dengan sebaik-baiknya. Kejadian tersebut merupakan salah satu faktor yang menjadikan banyaknya Gajah sumatera yang menjadi terancam punah. Faktor lainnya yaitu kerusakan lingkungan dan habitat gajah. Oleh alasannya itu, mari kita bersama menjaga kelestarian alam semoga fauna dan tanaman yang ada di dalamnya juga terjaga dan tidak punah sehingga keseimbangan ekosistem di lingkungan kita tetap baik

Sumber http://defantri.blogspot.com

0 Response to "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Perihal Alam Sekitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel