iklan banner

√ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur Dan Ciri Terlengkap

√ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur dan Ciri Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Bahasa.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bahasa? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Bahasa √ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur dan Ciri Terlengkap
√ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur dan Ciri Terlengkap

 


Pengertian Bahasa


 


Bahasa merupakan salah satu alat komunikasi yang digunakan manusia, bahasa juga penghubung yang penting antar korelasi sesama manusia.


Oleh lantaran itu, bahasa sanggup dikatakan sebagai hal wajib dan sangat penting sebagai syarat untuk berkomunikasi antar sesama.


Bahasa ini secara harfiah yaitu sarana yang digunakan oleh setiap makhluk hidup (khususnya manusia) untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan makhluk hidup lainnya.


 


 


Fungsi Bahasa


 



  • Untuk tujuan praktis, yaitu mengadakan korelasi dalam pergaulan sehari-hari.

  • Untuk tujuan artistik, yaitu insan mengolah dan menggunakan bahasa dengan seindah-indahnya guna pemuasan rasa estetis manusia.

  • Alat untuk menyalurkan arti kepercayaan, norma dan nilai-nilai yang ada di masyarakat.

  • Sebagai alat untuk berpikir.

  • Sebagai alat kontrol sosial.

  • Untuk tujuan pembelajaran, sebagai sebuah media dalam mempelajari aneka macam ilmu pengetahuan, baik itu yang masih berada pada suatu ruang lingkup bahasa itu sendiri, ataupun diluar ruang lingkup bahasa, menyerupai pada pengetahuan sejarah dan ilmu pengetahuan yang lainnya.

  • Sebagai sarana memahami diri dan orang lain.

  • Sebagai sarana berekspresi.

  • Membangun karakter dan kecerdasan.

  • Untuk tujuan filologis, fungsi bahasa untuk mempelajari aneka macam naskah renta untuk menilik latar belakang dari sejarah manusia, perkembangan bahasa itu sendiri, dan lain sebagainya.

  • Sebagai pedoman untuk melihat adanya kenyataan di suatu masyarakat.


 


 


Manfaat Bahasa


 


1. Bahasa Resmi Suatu Negara


Ada negara yang di dalamnya terdapat banyak bahasa daerah, contohnya Indonesia yang terdiri dari aneka macam suku bangsa.


Oleh lantaran itu, diharapkan bahasa resmi untuk sanggup mempersatukan seluruh warga negara Indonesia dari aneka macam suku. Dalam hal ini, bahasa resmi kita ialah Bahasa Indonesia.


 


2. Pengantar dalam Dunia Pendidikan


Dalam penyampaian bahan di dunia pendidikan harus menggunakan bahasa resmi yang dimengerti oleh warga negara yang bersangkutan.


Itulah sebabnya acara belajar-mengajar di negara kita menggunakan bahasa Indonesia dan menjadi salah satu bidang studi yang harus dipelajari oleh para siswa.


 


3. Alat Pengembang Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan


Dalam aneka macam upaya pengembangan kebudayaan yang ada di Indoensia, tentu sangat berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia.


Meskipun pada setiap suku dan kawasan di Indonesia ini juga mempunyai bahasa sendiri, namun dalam proses pengembangan kebudayaan dan sebuah ilmu pengetahuan di negara kita juga harus menggunakan bahasa resmi, yaitu Bahasa Indonesia.


 


4. Sebagai Alat Berkomunikasi


Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa merupakan kumpulan kata-kata yang mempunyai makna. Setiap kata tertentu mempunyai makna dan korelasi ajaib dengan suatu konsep atau objek yang diwakilinya.


Melalui bahasa, setiap individu sanggup melaksanakan komunikasi dua arah yang dimengerti oleh masing-masing individu.


 


5. Sebagai Alat Pemersatu Suatu Bangsa


Bahasa juga sanggup berfungsi sebagai salah satu alat pemersatu bangsa lantaran penggunaannya sebagai alat untuk sanggup berkomunikasi. Setiap warga suatu bangsa sanggup memberikan pemikirannya dengan menggunakan bahasa yang dimengerti.


Komunikasi masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama dan dimengerti satu sama lain akan mempersatu suatu bangsa menjadi lebih kuat.


 


6. Sebagai Identitas Suatu Suku atau Bangsa


Bahasa juga sanggup berfungsi sebagai identitas suatu suku atau bangsa lantaran keunikannya. Setiap suku/ bangsa tentunya mempunyai bahasa yang berbeda-beda, hal ini menjadi identitas dan keunikan tersendiri bagi suatu suku atau bangsa.


 


 


Ciri – Ciri Bahasa


 


1. Bahasa Sebagai Sistem


Maksudnya bahwa terdiri dari komponen – komponen teratur dan menurut oleh pola tertentu. Bersistematis yaitu tersusun oleh polanya.


Contoh :



  • Saya : Sistematis dan bermakna

  • Yasa : Tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak mempunyai arti

  • Aasy : Tidak sistematis dan tidak bermakna atau tidak mempunyai arti


 


2. Bahasa Sebagai Lambang


Lambang – lambang bahasa diwujudkan dalam bentuk bunyi, yang berupa satuan – satuan bahasa menyerupai kata maupun campuran kata.


Contoh :



  • Bendera merah putih

  • Merah : Berani

  • Putih : Suci


 


3. Bahasa yaitu Bunyi


Yang dimaksud dengan suara pada bahasa atau termasuk lambang bahasa yaitu ialah suara yang bukan dihasilkan dari alat ucap insan tidak termasuk suara bahasa.


Contoh :



  • Suara atau Bunyi teriakan, bersin, batuk, dan lain sebagainya.


 


4. Bahasa Mempunyai Makna


Seperti yang dijelaskma sebelumnya bahwa bahasa itu yaitu system lambang , maka lantaran itu lambang – lambang itu mengacu pada suatu konsep , ide, atau pikiran, maka sanggup dikatakan bahwa bahasa itu mempunyai makna.


Contoh :



  • Kuda : Berkaki empat hewan peliharaan yang menjadi alat transportasi.


 


5. Bahasa Bersifat Arbitrer


Arbitrer yaitu sembarang, sewenang-wenang, maka suka, berubah-ubah. Maksudnya ialah tidak ada korelasi wajib antara lambang bahasa dengan konsep maupun pengertian yang dimaksud lambang tersebut contohnya kita tidak sanggup menjelaskan korelasi antara lambang suara (air) dengan benda yang dilambangkan yaitu benda cair yang digunakan.


Contoh :



  • Kuda yang disebut oleh orang.


 


 


Struktur Bahasa


 


1. Wacana


Wacana merupakan satu kesatuan mana yang tersistem antar cuilan di dalam satu Bahasa. Wacana juga sanggup diartikan sebagai suatu komunikasi kebahasaan yang pada umumnya sanggup terlihat sebagai suatu pertukaran dalam interaksi dimana bentuknya sanggup ditentukan oleh tujuan sosial.


Berdasarkan dua klarifikasi diatas maka tentang sanggup diartikan dengan suatu rangkaian pernyataan yang sanggup dinyatakan secara lisan atau goresan pena dalam konteks tertentu yang mempunyai memiliki makna dalam kesatuan bahasa.


 


2. Paragraf


Paragraf merupakan kumpulan dari beberapa kalimat yang tersusun dalam satu kesatuan. Paragraf juga sering disebut dengan alinea, keduanya mempunyai arti yang sama.


Karena pragraf tersusun atas beberapa kalimat maka dalam paragraf terdapat pikiran yang lebih tinggi dan lebih luas dibandingkan kalimat.


Susunan kalimat dalam satu paragraf saling terkait antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lainnya. Setiap paragraf mempunyai wangsit pokoknya sendir. Panjangnya paragraf juga tergantung pada sebuah wangsit pokok yang akan disampaikan dalam paragraf tersebut.


 


3. Kalimat


Kalimat tersusun dari beberapa kata dengan pola tertentu. Pada kalimat umumnya minimal mempunyai subjek dan predikat, mempunyai intonasi dan makna.


Kalimat merupakan suatu satuan bahasa yang secara relative sanggup berdiri sendiri dengan pola selesai dan terdiri atas klausa yang dingunakan untuk sanggup menyususun dan menuangkan gagasan dalam sebuah pemikiran supaya sanggup dikomunikasikan dengan orang lain.


 


4. Kata


Kata merupakan kumpulan karakter yang tersusun menjadi satu kesatuan yang mengandung makna didalamnya. Kata juga sanggup dijelaskan juga sebagai salah satu unsur dari kebahasaan berupa sebuah perasaan dan pemikiran yang sanggup diwuijudkan dan sanggup digunakan dalam bahasa.


 


5. Fonem


Fonem mrupakan unsur dari bahasa yang paling kecil dan fungsional namun sanggup membedakan makna dari kata yang disampaikan.


Umumnya fonem mempunyai pelafalan yang berbeda dalam beberapa pengucapannya bergantung dimana tempatnya dalam satu kata. Misalnya mempunyai beberapa lafal terngantung dimana tempatnya.


 


6. Morfem


Morfem merupakan unsur terkecil dalam bahasa dimana bentuknya tidak mengandung bagian-bagian yang menyerupai dengan bentuk lain, baik itu dilihat dari bunyinya maupun maknanya.


 


 


Jenis – Jenis Bahasa


 


1. Bahasa Lisan


Bahasa lisan yaitu merupakan suatu komunikasi antar insan untuk mengutarakan maksudnya melalui kata kata yang terucap dari lisan atau mulut.


 


2. Bahasa Tulisan


Bahasa goresan pena yaitu yaitu suatu bentuk komunikasi yang terbentuk dari aneka macam kosa kata yang disusun sehingga terbentuk suatu kalimat yang mempunyai arti dan sanggup dipahami yang kemudian dituangkan kedalam bentuk tulisan.


 


3. Bahasa Isyarat


Bahasa Isyarat, yaitu yaitu suatu bentuk komunikasi yang menggunakan anggota badan menyerupai tangan dan gerak bibir.


Bahasa instruksi ini biasa digunakan oleh kaum tunarungu mereka mengkombinasikan antara gerakan tangan, gerak bibir, dan ekspresi wajah supaya lawan bicaranya sanggup memahami yang mereka maksud.


 


4. Bahasa Batin


Bahasa batin yaitu suatu interaksi mental secara pribadi menggunakan isi hati kita, bahasa batin tidak memerlukan sarana kata kata menyerupai jenis bahasa yang lainnya. Istilah yang lebih menyerupai dengan komunikasi bahasa batin yaitu telepati.


 


5. Bahasa Pemrograman


Tidak ada soal manusia, bahasa juga digunakan oleh aneka macam tegnologi salah satunya komputer, yaitu bahasa pemrograman digunakan untuk memerintah komputer dengan menggunakan syntax-syntax yang telah diatur oleh bahasa pemrograman itu sendiri, tujuannya supaya komputer sanggup menjalankan apa yang kita perintahkan.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur dan Ciri Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Bahasa : Pengertian, Fungsi, Jenis, Struktur Dan Ciri Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel