iklan banner

✔ Apa Itu Pendidkan Huruf Berdasarkan Beberapa Ahli



Sekarang ini, generasi penerus kita sangat krisis dengan abjad yang positif. Jika kita lihat di media-media baik di media umum maupun di media lainnya, kita sering melihat dan mendengar berita-berita perihal kenakalan-kenakalan remaja. Mereka melaksanakan acara yang tidak terpuji. Hal ini tentu menciptakan kita merasa duka dengan generasi penerus kita. 

Kita berpikir, apa sih yang mengakibatkan mereka menyerupai itu? Bagaimana sih orang bau tanah dan guru mendidik mereka? Mau jadi apa kedepannya negara kita ini, kalau generasinya menyerupai itu?. Pertanyaan-pertanyaan inilah menjadi PR bagi kita untuk mendidik dan mengajarkan mereka perihal sikap-sikap yang baik.

Saya menulis di sini bukan untuk membahas bagaimana cara mendidik anak semoga mempunyai abjad yang baik, namun saya di sini hanya menuliskan beberapa kutipan dari para hebat perihal pengartian dari pendidikan kakater itu sendiri. Tujuannya semoga kita mengetahui pengertian pendidikan abjad dengan baik dan sanggup memperlihatkan pemahaman kepada kita ataupun kepada generasi penerus kita tantang pendidikan abjad itu sendiri.

Baca Juga 11 Pengertian Pendidikan Menurut Ahli
  
APA ITU KARAKTER?

Suharjana (Darmiyati, 2011: 28) mendefinisikan abjad ialah sebuah cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang mempunyai ciri khas seorang yang menjadi kebiasaan yang ditampilkan dalam kehidupan masyarakat.

Heri Gunawan (2012: 4) menjelaskan bahwa abjad ialah keadaan orisinil yang ada pada individu seseorang yang membedakan antara dirinya dengan orang lain.

Dharma Kesuma, dkk. (2011: 24) beropini bahwa konsepsi abjad ialah sebuah kata yang merujuk pada kualitas orang dalam karakteristik tertentu.

Daryanto dan Suyatri (2013: 64) mengartikan abjad sebagai contoh sikap yang bersifat individual dan keadaan moral seseorang. 

Masnur Muslich (2011: 84) menyatakan bahwa abjad merupakan nilai-nilai sikap insan yang bekerjasama dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan budpekerti istiadat.

Suyanto (Zubaedi, 2011: 11) yang menjelaskan bahwa abjad ialah cara berpikir dan berperilaku yangmenjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara serta mempertanggungjawabkan tiap akhir dari keputusan yang ia buat.

Furqon Hidayatullah (2010: 17) mendefinisikan abjad sebagai kualitas atau kekuatan mental atau moral, sopan santun atau budi pekerti individu yang merupakan kepribadian khusus yang menjadi pendorong dan penggerak, serta yang membedakan dengan individu lain.

Baca Juga Pentingnya Pendidikan karakter

APA ITU PENDIDIKAN KARAKTER?

Agus Wibowo (2012: 36) menyatakan pendidikan abjad ialah pendidikan yang menanamkan dan menyebarkan karakter-karakter luhur kepada anak didik, sehingga mereka mempunyai abjad luhur itu, menerapkan dan mempraktikkan dalam kehidupannya, entah dalam keluarga, sebagai anggota masyarakat, dan warga negara.

Zubaedi (2011: 17-18) beropini bahwa pendidikan abjad dimaknai sebagai pendidikan yang menyebarkan nilai-nilai abjad pada penerima didik sehingga mereka mempunyai nilai dan abjad sebagai abjad dirinya, sebagai anggota masyarakat dan warga negara yang religius, produktif, dan kreatif.

Daryanto dan Suyatri (2013: 64) mengartikan pendidikan abjad sebagai banyak sekali perjuangan yang dilakukan oleh para personil sekolah, bahkan yang dilakukan gotong royong dengan orang bau tanah dan anggota masyarakat, untuk membantu dewasa dan bawah umur semoga menjadi atau mempunyai sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab.

Masnur Muslich (2011: 84) yang menyatakan bahwa pendidikan abjad ialah suatu sistem pemahaman nilai-nilai abjad kepada warga sekolah yang mencakup komponen pengetahuan, kesadaran, kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi insan insan kamil.

Dharma Kesuma, dkk. (2011: 5) menegaskan bahwa pendidikan abjad ialah pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan sikap anak secara utuh yang didasarkan pada suatu nilai tertentu yang dirujuk oleh sekolah. 

T. Ramli (Sri Narwanti, 2011: 15-16) mengemukakan bahwa hakikat dari pendidikan abjad dalam konteks pendidikan di Indonesia ialah pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri, yang bertujuan membina generasi muda dan berpijak pada abjad dasar insan yang bersumber dari nilai moral universal (bersifat absolut) agama, yang disebut juga sebagai the golden rule serta mempunyai tujuan yang pasti, apabila berpijak pada nilai-nilai abjad dasar tersebut.

Saptono (2011: 23) pendidikan karekter ialah upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk menyebarkan abjad yang baik (good character) berlandaskan kebajikan-kebajikan inti (core virtues) yang secara objektif baik bagi individu maupun masyarakat.

Itulah beberapa pengertian pendidikan abjad dari beberapa ahli, harapannya ialah dengan mengetahui definisi dari pendidikan abjad ini kita sanggup mengetahui beberapa kakater baik manusia, sanggup mengartikan dan menjelaskan banyak sekali karakter.

Sumber http://pendidikandanteknolog.blogspot.com

0 Response to "✔ Apa Itu Pendidkan Huruf Berdasarkan Beberapa Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel