iklan banner

√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam Dan Pola Terlengkap

√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Amanat.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Amanat? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Amanat √ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap
√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Amanat


 


Amanat merupakan suatu pesan watak atau pesan tersirat yang disampaikan oleh seseorang kepada orang lain, baik secara pribadi maupun melalui suatu karya. Secara umum, pengertian amanat yaitu sebuah kata yang mempunyai arti pesan, pesan tersirat atau keterangan.


Tema berbeda dengan amanat, tema berafiliasi dengan arti karya sastra, sedangan arti amanat berafiliasi dengan makna suatu karya sastra “meaning and significance”.


Artinya sebuah karya sastra tersebut bersifat lugas, obyektif dan juga khusus, sedangkan untuk sebuah makna sanggup berafiliasi dengan orang perorangan, konsep seseorang dan juga suatu situasi dimana penyair akan mengimajinasikan karyanya.


 


 


Pengertian Amanat Menurut Para Ahli


 


1. Sadikin


Amanat yaitu pemecahan yang diberikan oleh pengarang bagi dilema di dalam karya sastra.


 


2. Kosasih


Amanat ialah pesan yang disampaikan pengarang terhadap pembaca melalui tulisan-tulisannya, semoga pembaca sanggup menarik kesimpulan dari apa yang telah pembaca nikmat.


 


3. Rusiana


Amanat yaitu aliran watak atau pesan yang ingin disampaikan pengarang pada pembaca. Akhir permasalahan ataupun jalan keluar permasalahan yang timbul dalam sebuah dongeng sanggup disebut amanat.


 


4. Siswanti


Amanat yaitu gagasan yang mendasarikarya sastra, pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca dan pendengar, di dalam karya sastra modern, amanat ini biasanya tersirat di dalam karya sastra lama pada umumnya amanat tersurat.


 


5. Waluyo


Amanat yakni jikalau tema mempunyai kaitan dengan arti, maka sebuah amanat itu mempunyai kaitannya dengan makna. Kemudian jikalau tema mempunyai sifat yang sangat lugas, khusus dan objektif, maka amanat itu mempunyai sifat kias, umum, dan subjektif.


 


 


Ciri – Ciri Amanat


 



  • Pesan watak dalam suatu karya biasanya disampaikan pada bab simpulan cerita.

  • Amanat sanggup diketahui secara terperinci (eksplisit) dalam bentuk seruan, nasehat, peringatan, saran, anjuran, maupun larangan yang berafiliasi dengan tema utama suatu cerita.

  • Amanat sanggup disampaikan secara pribadi maupun secara tersirat melalui aksara tokoh atau penokohan dalam suatu cerita.

  • Pesan watak yang disampaikan oleh pengarang bertujuan semoga pendengar atau penonton mau melaksanakan sesuai dengan amanat di dalam cerita.


 


 


Macam – Macam Amanat


 


1. Amanat Tersurat


Amanat Tersurat yaitu salah satu pesan watak yang disampaikan secara pribadi dan terperinci oleh pengarang di dalam karyanya sehingga sanggup dengan gampang dimengerti oleh audiens melalui kalimat deskriptif jikalau berupa tulisan.


 


2. Amanat Tersirat


Amanat Tersirat yakni suatu pesan watak yang disampaikan secara tersembunyi (implisit) oleh pengarang dan hanya sanggup dimengerti oleh audiens bila mengikuti alur cerita.


Amanat tersirat ini berupa pesan yang sanggup diambil dalam cerita, baik secara keseluruhan ataupun pada bab tertentu.


 


 


Cara Menentukan Amanat Sebuah Cerita


 


Cara memilih amanat dalam dongeng cukup mudah, pada dasarnya amanat berisi pesan moral, saran atau seruan untuk melaksanakan hal baik.


Untuk hal yang bersifat kasatmata para penulis cenderung memakai sebuah kalimat ajakan, sedangkan untuk hal yang bersifat negatif ini sanggup berisi perintah larangan. Untuk suatu kalimat larangan biasanya memakai kata “jangan”.


Amanat dongeng tersebar secara bebas, tapi bisanya muncul di bab simpulan cerita. Di dalam cerita, amanat juga berfungsi sebagai penutup.


 


 


Contoh Amanat


 



  • Cerita berjudul “Adiku Sayang Adiku Pintar”. Pesan amanatnya yaitu semoga kita selalu berusaha untuk memahami bentuk kasih sayang yang diberikan orang lain pada kita. Kasih sayang dengan memberi tanpa pamrih.

  • Cerita rakyat berjudul “Putri Tangguk”. Pesan amanatnya ialah semoga kita sebagai insan tidak sombong dan juga takabur.

  • Cerita rakyat berjudul “Malin Kundang”. Pesan amanatnya yaitu supaya tidak melupakan semua jasa-jasa orangtua apalagi mendurhakai orangtua sendiri.

  • Cerita rakyat berjudul “Legenda Batu Menangis”. Pesan amanatnya yakni semoga seorang anak tidak mendurhakai sang ibu alasannya yaitu pada eksekusi Tuhan juga berlaku bagi mereka yang berbuat demikian.

  • Cerita rakyat berjudul “Jaka Tarub & Dewi Nawang”. Pesan amanatnya yaitu semoga seseorang senantiasa berkata dan juga berbuat jujur alasannya yaitu kebohongan niscaya akan sanggup terbongkar.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan sanggup menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :







Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "√ Amanat : Pengertian, Ciri, Macam Dan Pola Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel